Pengertian, Fungsi, konsep dan tujuan manajemen keuangan

Pengertian, Fungsi, Konsep dan Tujuan Manajemen Keuangan

Posted on

Pengertian, Fungsi, Konsep dan Tujuan Manajemen Keuangan – Materi pembahasan kita kali yaitu tentang Manajemen Keuangan. Yang dipecah menjadi beberapa materi, yakni Apa itu Manajemen Keuangan, Fungsi, konsep serta tujuannya.

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian, Fungsi, konsep dan tujuan manajemen keuangan

Manajemen Keuangan itu ialah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, serta mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi utama dari Manajemen Keuangan, yakni sebagai berikut :

  1. Perencanaan Keuangan (Planning), yang meliputi Perencanaan Arus Kas dan Rugi Laba.
  2. Anggaran (Budgeting), perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
  3. Pengendalian Keuangan (Controlling), melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
  4. Pemeriksaan Keuangan (Auditing), melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  5. Pelaporan Keuangan (Reporting), menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan manajemen atas fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan mengenai fungsi keuangan adalah kegiatan utama dalam mempertanggung jawabkan bidang tertentu dalam menggunakan dana dan menempatkan dana.

Manajemen dalam bisnis perusahaan terdiri dari beberapa individu yang dikategorikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu sebagai berikut :

  1. Kelompok manajemen tingkat pelaksana (operational menegement), yang terdiri dari para suvervisor.
  2. Kelompok manajemen menengah meliputi kepada departement, manajer devisi, dan manger cabang.
  3. Manajemen eksekutif atau biasa juga disebut dengan manajemen penanggung jawab akan fungsi pemasaran, pembelanjaan, produksi, pembiyaan, dan akutansi. Manejemn eksekutif sendiri secara prinsipil berkenaan dengan pembuatan keputusan dalam jangka yang panjang, lalu manajemen menengah mengenai keputusan jangka menengah dan pada manajemen operasional keputusan jangka pendek.

Manajemen keuangan memiliki 3 (tiga) kegiatan utama yaitu sebagai berikut :

  1. Perolehan dana, merupakan aktivitas untuk memperoleh sumber dana baik itu yang berasal dari internal perusahaan ataupun dari eksternal perusahaan.
  2. Penggunaan dana, merupakan suatu aktivitas penggunaan atau menginvestasikan dana di berbagai bentuk aset.
  3. Pengelolaan Aset (Aktiva), merupakan kegiatan yang dilakukan setelah dana telah di dapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset, dan harus dikelola secara efektif dan efisien.

Konsep dari manajemen dapat kita gambarkan dalam kalimat seperti ini

“Membuat keputusan, memberi perintah, menetapkan kebijakan, menyediakan pekerjaan dan system reward (imbalan) dan mempekerjakan orang untuk melaksanakan kebijakan”.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan utama dari Manajemen Keuangan ialah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Konsep dan Tujuan Manajemen Keuangan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>