Pengertian dan Contoh Norma Agama

Pengertian dan Contoh Norma Agama

Posted on

Pengertian dan Contoh Norma Agama – Setelah artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Norma Kesusilaan. Dan kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Norma Agama, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

A. Pengertian Norma Agama

Norma Agama merupakan sekumpulan kaidah dan petunjuk hidup yang berasal langsung dari Tuhan dengan melalui ajaran suatu agama. Norma agama sendiri menuntut ketaatan mutlak penganut suatu agama. Norma ini mengharuskan penganut suatu agama untuk menaati semua yang diperintahkan dan dilarang oleh agama yang dianutnya, sifatnya mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar atau diubah lagi.

Pengertian dan Contoh Norma Agama

Norma Agama bagi sebagian dari manusia yang menyakininya dianggap sebagai norma yang paling tinggi nilainya. Selain mengatur hubungan antara manusia, norma agama juga mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan Yang Maha Esa serta hubungan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Oleh karena itu, norma agama ini dapat dijadikan sebagai dasar berpikir, berbuat, serta berprilaku untuk menciptakan kehidupan yang selaras dan serasi.

B. Contoh-Contoh Norma Agama

Norma Agama mempunyai banyak contoh yang harus dipatuhi untuk tidak menerima sanksi dan hukuman-Nya. Dan berikut ini merupakan beberapa contoh norma agama :

1. Rajin beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan, berdoa sebelum makan, sebelum tidur, sebelum perjalanan, sebelum belajar, sebelum memasuki tempat ibadah, dan aktivitas lainnya.
2. Mencegah dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Agama.
3. Mengimani adanya Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut masing-masing.

C. Ciri-Ciri Norma Agama

  1. Bersumber dari Tuhan
  2. Bersifat universal atau abadi
  3. Dilaksanakan akan mendapat pahala, dan jika dilanggar maka akan mendapat dosa
  4. Bersifat luas dan berlaku untuk seluruh Umat

D. Sanksi Norma Agama

Pelanggar terhadap norma agama dalam penetapan sangsinya ada 2 (dua) macam yaitu :

  1. Mendapatkan sanksi secara tidak langsung, yang artinya pelanggarnya baru akan menerima sanksinya nanti di akhirat berupa siksaan di neraka.
  2. Mendapat sanksi secara langsung, yang artinya jika seseorang telah melanggar norma agama. baik mengakui sendiri di depan mufti atau hakim, atau kedapatan / tertangkap basah melakukan pelanggaran agama, dikenakan hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian dan Contoh Norma Agama, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>