Pengertian, Bentuk dan Contoh Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Pengertian, Bentuk dan Contoh Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Posted on

Pengertian, Bentuk dan Contoh Cara Membuat Musikalisasi Puisi – Puisi Ialah bentuk sastra yang memperhatikan pilihan kata serta kepaduan bunyi. Sebuah puisi, dan jika dibacakan dengan indah dan penuh penghayatan, merupakan sebuah penampilan seni yang menarik.

Pengertian Musikalisasi Puisi

Pengertian, Bentuk dan Contoh Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Untuk menjadikan pembacaan puisi yang lebih ekspresif dan menarik, pembacaan puisi dapat dikemas dalam bentuk musikalisasi puisi.

Musikalisasi puisi sendiri merupakan kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi tersebut.

Musikalisasi dapat membantu membangun suasana dan imajinasi kita dalam mengapresiasi puisi.

Bentuk-bentuk Musikalisasi Puisi

Musikalisasi sendiri terdiri dari beberapa bentuk, yang diantaranya :

1. Musikalisasi Puisi Lagu

Bentuk dari Musikalisasi Puisi Lagu ialah model puisi yang terfokus pada pengubahan puisi menjadi syair lagu yang memiliki nada diatonis yang diaransemen dan dikombinasikan dengan melalui kegiatan iringan musik. Syair lagu yang memiliki nada harmoni, yang pada dasarnya merupakan bentuk aransemen puisi ke bentuk lagu. Dan Partitur Musik ialah teks lagu yang berisikan puisi-puisi yang diaransemen kedalam bentuk lembaran musik yang melodi, irama/ritme, dan harmoni.

Pengubahan bentuk puisi menjadi lagu merupakan produktivitas yang dilakukan seorang penyair atau pencipta lagu yang puitis melalui unsur imajinasi dan keterampilan dalam bermusik. Musikalisasi puisi dengan cara membuat komposisi lagu dimana syair puisi menjadi lirik lagu. Produktivitas tersebut lahir dari seorang penyair melalui imajinasi dan keterampilan bermusik.

2. Musikalisasi Puisi Iringan

Bentuk dari Musikalisasi Puisi Irangan ialah model puisi yang terfokus pada iringan permainan alat-alat musik. Fokus utama dari model puisi ini adalah keahlian olah vokal dari pembaca puisi. Seperti halnya pendapat Danardana (2003:57) yang menyatakan bahwa puisi dibawakan dengan diiringi oleh permainan alat-alat musik. Adapun Fokus utama dari model puisi ini ialah, keahlian oleh vokal dari pembaca puisi.

3. Musikalisasi Puisi Total

Bentuk dari Musikalisasi Puisi Total ini merupakan model musikalisasi yang berubah total menjadi sebuah lagu dengan mengkongkretkan puisi dalam bentuk musik seutuhnya.

Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Berikut ini ialah langkah-langkah cara membuat musikalisasi puisi :
1. Menikmati musikalisasi puisi
2. Memilih puisi yang akan dimusikalisasi
3. Memahami puisi yang akan dimusikalisasi
4. Menentukan irama yang sesuai dengan suasana puisi
5. Menampilkan musikalisasi puisi, dan
6. Menilai musikalisasi puisi.

1. Menikmati Musikalisasi Puisi

Pernahkah anda mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade atau Bimbo? Ya! Lirik lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis. Dan lirik-lirik lagu tersebut pada dasarnya merupakan sebuah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang memiliki irama.

Bahkan, lirik-lirik lagu Bimbo, ada yang ditulis oleh Taufik Ismail, yang merupakan salah seorang penyair ternama Indonesia. Silahkan nikmati lirik-lirik lagu itu! Dan putarlah salah satu lagu dari Ebiet G. Ade!

Dengar serta cobalah ikut bernyanyi! Kamu dapat juga menyanyikan lagu “Tuhan” karya dari Taufik Ismail yang dipopulerkan oleh Trio Bimbo. Sambil bernyanyi, simaklah syair lagunya. Berikut ialah teks syair lagu “Tuhan”.

Tuhan
Oleh: Trio Bimbo

Tuhan, tempat aku berteduh
Di mana aku mengeluh
Dengan segala keluh

Tuhan, Tuhan yang Maha Esa
Tempat aku memuja
Dengan segala doa

Aku jauh Engkau jauh
Aku dekat Engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dan dosa berpadu

Setelah mendengarkan atau menyanyikan lagu tersebut, kemukakanlah pendapatmu tentang irama lagu itu. Apakah iramanya sesuai dengan suasana dan isi lirik lagunya ? Dan bagaimana pula tentang suasana perasaanmu dan imajinasi yang kamu bayangkan ketika mendengarkan lagu itu ?

Selanjutnya, cobalah syair lagu tadi kamu baca sebagaimana kamu membaca puisi dengan diiringi alat musik tertentu, misalnya gitar, piano, atau gamelan!

2. Memilih Puisi yang Akan Dimusikalisasi

Sebenarnya semua puisi itu dapat dimusikalisasi. Akan tetapi, sebaiknya kamu memilih puisi-puisi yang sederhana, yang syairnya mudah untuk diucapkan agar mudah dinyanyikan.

Berikut ini merupakan salah satu contoh puisi sederhana yang dapat dimusikalisasi ;

Tuhan
Karya: Hasbiono K.

Kauberi aku mata untuk melihat
Kauberi aku telinga untuk mendengar
Kauberi aku kaki untuk berjalan
Kauberi aku akal untuk berpikir

Tuhan,
Kini aku telah melihat bumiMu
Kini aku telah mendengar kata-kataMu
Kini aku telah berjalan menyelusuri bumiMu
Dan telah kupikirkan semua tujuanMu

Alangkah munafiknya diri ini
Bila tak bersyukur padaMu
Alangkah berdosanya hati ini
Bila keangkuhan ada pada diriku

Oh, Tuhan
Maafkan hambaMu

Pilihlah puisi yang sederhana yang mudah untuk dilagukan atau diiringi musik! Caranya, pilihlah beberapa puisi dan kemudian diskusikan dengan kelompokmu, dengan guru bahasa Indonesia, atau guru kesenian untuk menentukan puisi yang paling cocok untuk dimusikalisasi!

3. Memahami Isi Puisi yang akan Dimusikalisasi

Setelah berhasil menentukan puisi yang akan dimusikalisasi, kamu harus mampu memahami isi dari puisi dengan tepat agar irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi.

Untuk memahami isi dari suatu puisi, kamu dapat berpedoman pada pertanyaan berikut.

1. Apa tema dari puisi itu?
2. Suasana bagaimanakah yang menjiwai puisi itu?
3. Hal apakah yang ingin dikemukakan pengarang melalui puisi itu?
4. Adakah bunyi vokal atau konsonan yang dominan dalam puisi itu?
5. Kata-kata apakah di dalam puisi itu yang menurutmu sulit untuk dipahami?

4. Menentukan Irama yang Sesuai dengan Suasana Puisi

Dengan bantuan guru musikmu, tentukanlah nada, irama, serta tempo yang sesuai dengan isi dan suasana puisi! Dengan demikian, akan tercipta perpaduan bunyi yang indah antara puisi dan alat musik yang mengiringi.

Manfaatkanlah alat-alat musik sederhana yang ada di sekitarmu semacam gitar, harmonika, atau seruling! Jika tidak ada alat musik, kamu dapat menyanyikan secara acapela (bernyanyi tanpa musik).

5. Menampilkan Musikalisasi Puisi

Setelah semuanya disiapkan tampilkanlah musikalisasi puisi! Dalam penampilan musikalisasi, unsur terpenting yang harus diperhatikan ialah kejelasan vokal dan penghayatanmu (ekspresi) saat menyanyikan puisi tersebut.

Dan yang diutamakan tetap isi larik-larik puisi. Musik menjadi pendukung yang harus senada dengan isi puisinya. Kegiatan ini adalah sebuah kerja kelompok sehingga setiap anggota kelompok harus berperan aktif. Vokalis boleh lebih dari satu asalkan padu.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Bentuk dan Contoh Cara Membuat Musikalisasi Puisi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>