Nilai-Nilai Pancasila Beserta Karakteristik Yang Terkandung Didalamnya

Nilai-Nilai Pancasila Beserta Karakteristik Yang Terkandung Didalamnya

Posted on

Nilai-Nilai Pancasila Beserta Karakteristik Yang Terkandung Didalamnya – Pancasila ialah dasar negara dan merupakan pandangan hidup untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini ditegaskan juga dalam pembukaan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke-4 bahwa bangsa Indonesia mempunyai dasar dan pedoman dalam bebangsa dan bernegara yaitu Pancasila.

Sebagai dasar negara pasti Pancasila mendasari pasal-pasal yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945dan menjadikan cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Pengamalan semua sila dari Pancasila juga tidak bisa dilaksanakan dengan terpisah, itu kaena Pancasila ialah satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Dalam pelakanaannya dalam sila pertama Pancasila melandasi sila ke dua hingga sila ke lima.

Karakteristik Yang Terkandung Dalam Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila beperan sebagai siati dasar dan pandangan hidup bagi seluruh akyat Indonesia, maka Pancasila mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang akan membedakan dengan ideologi lain yang ada didunia. Berikut karateristik yang terkandung dala nilai=nilai Pancasila:

Nilai-Nilai Pancasila Beserta Karakteristik Yang Terkandung Didalamnya

1. Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam sila ini terkandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta dalam semesta beserta isinya. Karenanya sebagai manusia yang beriman maka kita haus meyakini adanya Tuhan yang diwujudkan dakan ketaatan pada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan semua peintahnya dan menjauhi semua larangannya.

2. Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Dalam sila ini terkandung rumusan sifat keseluruhan budi manusai yang mengakui kedudukan manusia yang sederajad dan sama dan juga memiliki hak serta kewajiban yang sama sebagai waga negaa yang dijamin oleh negara.

3. Sila Ketiga, Persatuan Ketiga

Dalam sila ini merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia sebagai suatu pesatuan yang akan mengatasi paham perseorangan, suku, golongan dan apapun itu serta mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa supaya tidk mudah terpecah dengan sebab apapun.

4. Sila Keempat. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan

Dalam sila ini merupakan sendi utama dalam pelaksanaan demokasi di Indonesia dengan berdasarkan atas asas musyawarah dan kekeluargaan.

5. Sila Kelim, Keadilam Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila ini merupakan salah satu tujuan negara yang akan mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan makmur dengan berdasarkan Pancasila.

Pentingnya Mengamalkan Pancasila Dalam Kehidupan Kita

Mengingat bagaimana pejalanan bangsa kita dalam mencapai kemerdekaan dengan jalan yang sangat panjang dan perjuangan yang sangat keras maka sudah seharusnya kita sebagai rakyat Indonesia mengamalkan Pancasila dalam kehidupan kita. Dalam perjalanan panjang itu sekaligus membuktikan keberadaan PAncasla yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dinamikan bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara dan sebuah ideologi negara ialah kesepakatan yangs udah final kaena dapat mempersatukan semua perbedaan dalam pandangan, karenanya sudah seharusnya PAncasila dapat diteima oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia tanpa memandang suku, agama dan golongan.

Dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dapat ditunjukkan dengan menghargai dan mempertahankan Pancasila . Memperhatankan Pancasila berarti kita harus melaksanaan, mengamalkan dan tidak mengubah serta mengganti dasar negara Pancasila dengan dasar negara yang diadopsi dai negara lain.

Itulah sekilas penjelasan tentang Nilai-Nilai Pancasila Beserta Karakteristik Yang Terkandung Didalamnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>