6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Posted on

6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas – Bagi kalian yang suka berpetualang atau suka melakukan perjalanan ketempat-tempat yang baru dimana ditempat itu jarang ditemukan pemukiman pemduduk seperti di hutan atau pegunungan maka kita diharuskan untuk membawa kompas. Kompas merupakan salah satu alat navigasi atau petunjuk arah yang menjadi sangat dibutuhkan saat dalam keadaan tersesat dan bingung dalam menentukan arah kemana yang harus kita lewati.

6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Kompas sering kali terlewatkan atau lupa untuk dibawa saat berpetualang nah sekaang kami tidak perlu khawati jika lupa untuk membawa kompas karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan barang-baang yang berguna bahka hanya dengan memanfaatkan tanda-tanda dari alam. Beikut kita akan membahas cara menentukan arah mata angin tanpa bantuan kompas.

1. Dengan Kompas Sederhana

Dulu saat kita SD pasti pernah diajarkaan untuk membuat kompas sederhana, bagi kalian yang lupa dengan cara membuatnya kami akan memberikan caranya dengan mudah. Pertama cukup siapkan jarum atau silet dan gabus, caranya tusukkan jarum atau silet tersebut pada gabus dan letakkan gabungan tersebut diatas ai sehingga akan terapung . Nah kamu dapat melihat aah mata angin dengan melihat ujung dari jarum tersebut karena ujung jarum akan menunjuk kearah utara atau selatan.

2. Dengan Melihat Kubura Muslim atau Nasrani

Cara yang satu ini sepetinya sedikit horor bagi sebagian orang terutama jika dilakukan saat malam hari. Akan tetapi jangan takut karena kuburan akan menunjukan arah mata angin jika kamu tersesat. Jadi kita lihat posisi kuburan, umumnya bagian nisan akan menghadap arah barat nah dengan begini kamu dapat menjadikannya patokan untuk menentukan arah yang lainnya.

3. Dengan Posisi Matahari dan Jam Tangan

Kamu masih juga bingung untuk menentukan arah mata angin, masih ada cara sederhana yang dapat kami lakukan yakni dnegan jam tangan dan posisi matahai. Caranya, lihat jam tangan kamu dan perhatikan dimana posisi matahari. Dilansir dari Simomot.com bahwa penulisan 12 jam yang membentuk bulan mengikuti arah pergerakan matahari yang terbit dari timur dan akan tenggelam di barat, setelah kamu mengetahui dimana posisi matahari maka kamu akan mengetahui aah mata angin dengan jam tanganmu.

4. Dengan Arah Bayangan Benda

Cara lainnya ialah dengan menggunakan bayangan dai benda, ini dapat dilakukan jika kamu tersesat saat siang hari. Kamu dapat menggunakan tongkat atau batang pohon atau apa saja yang dapat dijadikan abahn lalu tancapkan dipemukaan tanah dan lihat arah bayangan benda itu. Jika pagi hingga siang menuju sore maka bayangan akan mengarah ke barat, jika sore menuju malam maka bayangan akan menuju timur.

loading...

5. Dengan Pohon Besar

Ini adalah cara jika kamu tersesat dimalam hari dan tidak ada matahri sebagai patokan maka kamu dapat menggunakan pohon yang besar. Kamu dapat memperhatikan setiap sisi dari batang pohon tersebut. Umumnya sisi batang pohon yang kering dan tidak berlumut maka itu menunjukan arah barat dan sisi yang hangat serta berlumut maka akan menunjukan arah timur.

6. Dengan Memperhatikan Rasi Bintang Orion

Kamu dapat memanfaatkan langit sebagai petunjuk untuk menentukan arah mata angin. Ini dapat dilakukan jika langit sedang cerah dan ditaburi dengan bintang-bintang. Kamu cari rasi bintang Orion yang merupakan perpaduan dari tiga bintang yang terang, ketiga bintang ini membentuk ekor kalajengking dan akan selalu menunjukan arah barat.

Itulah sekilas penjelasan tentang 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>