Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra dari Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda)

Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra dari Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda)

Posted on

Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra dari Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda) – Kita kali ini akan membahas tentang Tokoh-tokoh penjelajah Samudra dari Eropa, yakni dari Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda.

A. Tokoh Penjelajah samudra dari Portugis

Para Penjelajah Portugis memiliki tujuan untuk mendapatkan emas, rempah-rempah, memenangkan pertempuran, dan meraih jalan untuk bisa mengepung saingan mereka dari kalangan pedagang Islam.

Dan beberapa pelaut Portugis yang melakukan penjelajahan samudra ialah sebagai berikut :

1. Bartholomeus Diaz, yang berhasil mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan di ujung selatan Benua Afrika pada tahun 1486.

2. Vasco da Gama, yang berhasil mencapai Calcutta, India pada tanggal 22 Mei 1498.

3. Alfonso de Albuquerque, yang berhasil merebut Malaka pada tahun 1511.

4. Franciscus Xaverius, yang telah menyebarkan agama Kristen ke India, Maluku, Jepang, dan Cina tahun 1550-an.

5. Cabral, mencapai semenanjung timur Brasil pada tahun 1500.

B. Tokoh Penjelajah Samudra dari Spanyol

Para pelaut Spanyol sendiri menjalankan misi penjelajahan samudra adalah sebagai berikut :

1. Christophorus Columbus, yang berhasil mencapai San Salvador di Kepulauan Bahama di perairan Karibia pada tahun 1492. Ia juga dianggap sebagai penemu Benua Amerika karena memberi petunjuk jalan bagi bangsa-bangsa Eropa ke benua itu.

2. Amerigo Vespucci, yang memiliki nama Latin Americus Vespucius merupakan salah seorang pelaut yang ikut dalam perjalanan Marco Polo. Dan karena jasanya, nama Amerigo diabadikan sebagai nama Benua Amerika

3. Ferdinand Magellan dan Juan Sebastian del Cano, 2 (dua) orang tokoh yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia. Dan atas keberhasilan ekspedisinya itu, Raja Spanyol menghadiahkan sebuah bola tiruan bumi bertuliskan “Engkaulah yang Pertama Mengitari Diriku”.

4. Ferdinand Cortez, seorang pelaut yang dapat mencapai daerah Amerika Tengah pada tahun 1519. Ia juga berhasil menaklukkan orang-orang Indian suku Aztec di Meksiko dan suku Maya di Semenanjung Yucatan.

5. Pizaro, berhasil menaklukkan suku Inka di pedalaman Peru pada tahun 1532.

C. Tokoh Penjelajah Samudra dari Inggris

Para pelaut Inggris juga terkenal sebagai pelaut-pelaut yang ulung dan tangguh, bahkan Inggris terkenal dengan angkatan lautnya yang tidak tertandingi.

Hingga abad ke-19 Inggris terkenal dengan sebutan negara yang tidak pernah tenggelam karena daerah koloninya yang menyebar hampir di seluruh penjuru dunia.

Para pelaut Inggris yang terkenal ialah sebagai berikut :

1. Sir Francis Drake, berhasil mengadakan pelayaran mengelilingi dunia. Di tahun 1577–1580 ia dikenal sebagai pengeliling dunia setelah Magellan.

2. William Dampier, berhasil mendarat di pantai barat Benua Australia pada tahun 1688. Dan ia menulis buku tentang Benua Australia.

3. James Cook, berhasil mendarat di pantai timur Benua Australia dan selanjutnya menelusuri pantai menuju ke utara Australia pada tahun 1770.

4. Matthew Flinders, berhasil mengelilingi Australia dan berhasil membuat peta Australia. Pada tahun 1789.

D. Tokoh Penjelajah Samudra dari Belanda

Salah satu faktor dari penyebab penjelajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda ialah adanya reformasi agama yang menyebabkan terjadinya perang selama 80 tahun dengan Spanyol.

Belanda sendiri yang mengikuti paham reformasi tidak mau tunduk kepada Spanyol yang Katolik. Dan pada masa perang 80 tahun tersebut, Portugal yang disatukan oleh Raja Spanyol Philip II melakukan penekanan dengan melarang Belanda berdagang di Lisabon dengan asumsi dapat menghancurkan perekonomian Belanda.

Namun, usaha itu tidak berhasil, dan justru membuat para pedagang dan pelaut Belanda mencari jalan sendiri ke sumbernya (Indonesia).

Para pelaut Belanda yang melakukan pelayaran samudra adalah sebagai berikut :

1. Barents, yang berusaha mencari jalan ke Asia melalui Kutub Utara. Pada waktu kembali tahun 1594, ia pun meninggal sehingga laut tersebut diberi nama Laut Barents.

2. Abel J. Tasman, berhasil menemukan Pulau Tasmania (diambil dari nama Tasman) pada tahun 1642.

3. Cornelis de Houtman, di mana tahun 1596, kapal-kapal Belanda di bawah pimpinannya sampai di Pelabuhan Banten.

4. Willem Janz, berhasil mendarat di Teluk Carpentaria, Australia Utara pada tahun 1666.

Itulah sekilas penjelasan tentang Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra dari Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>