Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta

Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta

Posted on

Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta – Pada kesempatan kali ini kita akan memabahas tentang Peta, yang mana pembahasan kita kali tentang Rumus dan Cara Menghitung Skala Peta. Secara umum, perhitungan skala peta dapat digunakan dalam menghitung jarak sesungguhnya dari wilayah yang digambarkan pada suatu peta. Demikian pula sebaliknya, dengan membandingkan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya, kita bisa mengetahui skala peta tersebut. Dan untuk lebih jelasnya silahkan kita simak ulasannya berikut ini :

Rumus Skala Peta

Rumus Skala Peta

Cara menghitung skala peta

Dan berikut ini cara yang dapat dilakukan dalam perhitungan skala :

a. Perhitungan dengan Skala Angka

Pada perhitungan skala angka, untuk menghitung jarak wilayah sesungguhnya dengan menggunakan peta, kita dapat memakai rumus kedua pada gambar diatas.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan contoh cara menghitung jarak sebenarnya :

Contoh menghitung jarak sebenarnya

Pada sebuah peta yang berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B ialah 5 cm. Maka berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B ?

Jawab:
Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm

Jadi, jarak sesungguhnya antara kota A dan B ialah 50.000.000 cm atau 500 km.

Dan sementara, untuk cara mengetahui skala dengan menggunakan peta, kita dapat menggunakan rumus pertama pada rumus diatas.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan contoh cara mencari skala peta :

Contoh mencari skala peta

Jarak antara kota C dengan kota D pada suatu peta ialah 8 cm. Jarak sebenarnya antara kota C dan kota D ialah 160 km. Maka, Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm ?

Jawab:
Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya
= 8 cm : 160 km
= 8 cm : 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut ialah 1 : 2.000.000.

b. Perhitungan dengan Skala Batang

Pada perhitungan dengan skala batang, kita dapat menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang ada di bawah gambar peta. Pada batang garis atau, batang grafis, jarak suatu ruas atau kolom ialah sama dan masing-masing ruas mewakili jarak tertentu.

Skala batang sendiri berbeda dengan skala angka. Jika suatu peta diperkecil dengan difotokopi, skala batangnya masih tetap bisa dipakai tanpa perlu dikonversi.

Biasanya pada skala batang masing-masing ruas sepanjang 1 cm, yg mewakili jarak sebenarnya. Misal pada suatu peta memiliki skala 1 : 100.000, maka skala batang tersebut memiliki panjang masing-masing ruas 1 cm.

Contoh :

Misalnya jarak antara Desa Tambakboyo dan Desa Majasto pada peta dengan skala batang ialah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapakah jarak kedua desa sesungguhnya?

Karena setiap ruas pada peta tersebut telah dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Itulah sekilas penjelasan tentang Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>