Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya – Kali ini kita membahas tentang Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Tenaga Endogen itu merupakan tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi, dan sedangkan Tenaga Eksogen merupakan tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari luar bumi.

Macam-macam tenaga Endogen

Tenaga endogen sendiri bersumber dari magma yang bersifat membangun (konstruktif). Dan Tenaga ini meliputi tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

1. Vulkanisme

Vulkanisme itu ialah semua gejala alam yang terjadi karena diakibatkan adanya aktivitas magma yang terkandung di dalam perut bumi. Magma yang ke luar ke permukaan bumi itu disebut dengan lava. Aliran material vulkanik disebut lahar.

2. Tektonisme

Tektonisme itu ialah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang berupa tekanan dengan arah vertikal maupun horizontal yang mengakibatkan terjadinya dislokasi (perubahan letak). Dan berdasarkan jenis gerakan dan luas wilayah yang dipengaruhinya, tenaga tektonik sendiri terbagi menjadi 2 (dua), yaitu gerak orogenesa dan gerak epirogenesa.

3. Gempa bumi

Pernahkah kalian merasakan terjadinya gempa bumi? Jika pernah, perasaan apa yang kamu alami? Benar, bumi yang terasa bergoyang diguncang kekuatan yang berasal dari dalam bumi. Dan gempa dapat terjadi kapan pun, ketika kamu tertidur atau tengah duduk-duduk santai.

Macam-macam tenaga eksogen

1. Pelapukan

Pelapukan merupakan proses hancurnya batuan pada lapisan litosfer dalam jangka waktu yang lama.

2. Erosi

Erosi sendiri merupakan peristiwa pengikisan tanah oleh air, angin, atau es. Penyebab alami dari erosi ialah karakteristik dan intensitas curah hujan, kemiringan lereng, vegetasi (tanaman penutup), serta kemampuan tanah untuk menyerap serta melepas air (absorpsi).

3. Masswasting

Bentuk bencana alam lain yang kerap menimpa penduduk, yakni tanah longsor (masswasting). Longsor merupakan peristiwa geologi di mana terjadi pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Dan penyebab utama dari masswasting adalah gravitasi yang memengaruhi lereng yang curam.

4. Sedimentasi (pengendapan)

Sedimentasi sendiri merupakan proses terendapkannya material-material yang terbawa (terkikis) secara perlahan ketika terjadinya erosi. Material ini terendapkan melalui suatu media perantara atau zat pengangkut, dan diantaranya oleh tenaga alam berupa gletser, angin, air, maupun gelombang laut. Bentukan akibat hasil erosi di antaranya delta dan gumuk pasir.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang bersifat merusak kulit bumi. Adapun Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tenaga eksogen ini meliputi air, angin, makhluk hidup, sinar matahari, dan gletser.

Kedua tenaga ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam bentuknya baik di daratan maupun dasar laut.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>