Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis

Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis

Posted on

Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis – Kali ini kita masuk ke pembahasan tentang Kimia Analisis, dan pembahasan kita kali ini mencakup Definisi dan Fungsi dari Kimia Analisis. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis

Definisi Kimia Analisis

Kimia analisis sendiri merupakan cabang dari ilmu kimia yang berhubungan dengan pengembangan dan penggunaan teknik utk pengukuran kimia. Kimiawan menggunakan teknik-teknik dalam menentukan komposisi kimia suatu zat. Kimia analisis sendiri bisa bersifat kualitatif atau kuantitatif. Analisis kualitatif mengidentifikasi unsur-unsur atau senyawa yang membentuk zat. Dan sedangkan Analisis kuantitatif mengukur jumlah beberapa atau semua elemen / senyawa.

Fungsi Kimia Analisis

Ahli kimia analitis awal menggali informasi yg membawa pada pemahaman modern dari materi. Misalnya, Theodore W. Richards yang berhasil mengembangkan teknik analisis yang secara akurat menentukan massa atom relatif dari banyak unsur kimia. Pada tahun 1914, Richards menjadi ilmuwan Amerika pertama yang berhasil memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang kimia.

Kimiawan menggunakan teknik kimia analisis dalam menguji sampel zat. Beberapa metode melibatkan reaksi kimia yang merupakan ciri khas dari substansi yang dikenal. Jika substansi yang dianalisis tersebut mengalami reaksi tersebut, maka substansi itu kemungkinan adalah substansi yang dikenal. Adapun teknik lain digunakan untuk mengukur penyerapan cahaya dari substansi. Yang lain mengukur cahaya yang dipancarkan (dilepaskan) oleh substansi.

Metode terkait mengukur penyerapan dan bentuk emisi lain dari radiasi elektromagnetik, seperti sinar ultraviolet & sinar inframerah. Kimiawan menggunakan elektroanalisis dalam mengamati bagaimana sampel merespon sinyal-sinyal listrik. Spektrometri massa memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi senyawa dengan mengukur massa (jumlah materi) dari bagian-bagian yang berbeda dari molekul.

Kimia analisis juga memberikan informasi penting untuk ilmu pengetahuan dan industri. Contoh Misalnya, kimia analisis digunakan dalam menguji sampel udara, tanah, dan air untuk mengidentifikasi polutan. Teknisi medis menggunakan metode analisis dalam mendiagnosis penyakit. Bahan baku & produk dalam makanan, obat, serta bahan industri lainnya dianalisis dalam uji kontrol kualitas. Laboratorium forensik modern memakai teknik analisis dalam memeriksa bukti-bukti yang berkaitan dengan kejahatan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Kimia Analisis dan Fungsi Kimia Analisis, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>