Karakteristik Benua Australia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Australia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Posted on

Karakteristik Benua Australia Beserta Penjelasan dan Gambarnya – Bicara tentang Benua Australia tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Benua ini, ya Benua Australia secara Geografis berada dibawah negara kita Indonesia. Di kesempatan kali ini kita akan mengupas Karakteristik dari Benua Australia, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Karakteristik Benua Australia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Australia

Benua Australia sendiri ditemukan pada tahun 1770 oleh James Cook seorang pelaut Inggris dan mula-mula diberinya nama Terra in Cognita (daratan tak bernama). Dan pada Tahun 1884, seorang Inggris lainnya yang bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania pulau di sebelah Australia.

1. Letak dan luas Benua Australia

Benua Australia sendiri terletak di bagian timur bumi, di belahan bumi selatan. Dan letaknya yang membuat Autralia disebut sebagai “benua bawah”. Kata Australia sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Terra Australis yang artinya daratan di bagian selatan.

Secara astronomis benua ini terletak antara 10o41’ LS – 43o39’ LS dan antara 113o9’ BT – 153o39’ BT. Adapun batas paling utara yaitu Tanjung York, batas paling selatan di Pulau Tasmania, batas paling barat yakni Tanjung Barat Laut, dan batas timur di pantai kota Brisbane.

Australia merupakan benua terkecil. Luasnya ±7.683.300 km2, dengan batas geografis yaitu sebagai berikut :

– Sebelah utara : Laut Arafuru, Laut Timor, Selat Flores (Indonesia) serta Papua Nugini.
– Sebelah barat : Samudra Hindia (Indonesia).
– Sebelah timur : Laut Koral, Samudra Pasifik, dan Laut Tasman.
– Sebelah selatan : Samudra Hindia (Indonesia).

Di wilayah benua Australia sendiri hanya terdapat satu negara yakni Australia, dan disebut dengan Benua sekaligus Negara (Negara Benua), yang terdiri atas 6 (enam) negara bagian dan 2 (dua) wilayah teritori.

2. Kenampakan alam benua Australia

Alam Australia terbagi atas 3 (tiga) bagian utama, yaitu wilayah berupa suatu pegunungan di bagian timur, wilayah dataran tinggi di bagian barat, serta dataran rendah di antara keduanya.

Di daerah bagian timur, yakni barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara hingaa Pulau Tasmania. Pegunungan ini disebut dengan Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range). Rangkaian pegunungan ini terdiri dari Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen Australia di sebelah selatan. Adapun puncak tertingginya yakni Gunung Kosciusco (±2.230 m) di sebelah selatan. Di sebelah timur Pegunungan Pemisah Besar terdapat suatu dataran pantai yang menyempit.

Daerah bagian barat, Wilayah ini ialah suatu dataran tinggi (plato), yang dijuluki dengan “Perisai Australia”. Di sebagian besar wilayah barat dan tengah merupakan gurun pasir, yakni Gurun Victoria dan Gurun Gibson. Di wilayah pedalaman ke arah utara terdapat Pegunungan Macdonnel dan ke arah selatan terdapat Pegunungan Musgrave.

Daerah antara barisan pegunungan timur dan pegunungan plato barat, Di wilayah tersebut terdapat suatu lembah Murray-Darling serta dataran rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia). Lembah Murray-Darling dialiri Sungai Darling, Murray, Lachlan, Murrmbidgee, serta Sungai Swan. Di cekungan Sungai Murray (ledok / basin) ini, juga terdapat sumber air artesis. Di daerah timur laut Benua Australia terdapat rangkaian ±2.500 batu karang dan pulau kecil, yang dijuluki Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Panjangnya sendiri mencapai ±2.000 km. Karang tersebut melindungi Australia dari pengaruh gelombang lautan. Selain itu daerah sekitar karang juga dijadikan tempat rekreasi / objek wisata.

3. Iklim benua Australia

Benua Australia mempunyai dua macam iklim, yakni iklim tropis dan iklim sedang.

– Iklim tropis dialami oleh wilayah bagian utara yang mendekati suatu garis khatulistiwa. Suhu rata-rata mencapai 27oC, dengan curah hujan 1.000 – 3.000 mm per tahun. Curah hujan tertinggi terdapat di wilayah pegunungan. Musim hujan terjadi pada bulan Januari – Juni. Musim kemarau terjadi antara bulan Juli – Desember. Musim hujan di Australia dipengaruhi oleh adanya angin muson barat laut dan angin muson pasat tenggara, terutama untuk wilayah Australia bagian timur. Semakin ke barat curah hujan semakin berkurang.

– Iklim sedanglah yang dialami wilayah Australia bagian selatan, dengan pembagian musim yaitu sebagai berikut ini :

a. Musim panas terjadi pada bulan Desember-Februari.
b. Musim gugur terjadi bulan Maret-Mei.
c. Musim dingin terjadi bulan Juni-Agustus.
d. Musim semi berlangsung antara bulan September sampai dengan November.

4. Sosial Budaya benua Australia

Penduduk asli Australia juga merupakan bangsa aborigin. Tapi, bangsa aborigin semakin terdesak oleh pendatang dari Eropa dan daerah lain. Lebih dari 80% penduduk dari benua ini tinggal di perkotaan.

Agama Penduduk Australia mayoritas sebagai pemeluk agama Kristen (Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks, dan lain sebagainya).

Bahasa resmi yang dipergunakan di benua ini yakni bahasa Inggris (Australian English), yang sedikit banyak memiliki perbedaan dengan British English dan American English, terutama dari segi aksen serta pelafalan.

5. Perekonomian benua Australia

Perekonomian Australia sendiri didukung oleh suatu kegiatan yaitu sebagai berikut :

– Hasil pertanian utama benua ini yakni gandum, kapas, oat, sorghum, buah-buahan, dsb.

– Peternakan yang penting utama yaitu domba, biribiri, dan hewan ternak besar.

– Penemuan berbagai bahan tambang serta cadangan energi mengubah Australia dari negara agraris menjadi negara industri. Hasil tambang utamanya sendiri yaitu emas, intan, tembaga, bijih besi, minyak bumi, nikel, dan bauksit.

– Hasil industrinya, antara lain mesin-mesin berat, tekstil, elektronika, mobil, dan kapal.

Itulah sekilas penjelasan tentang Karakteristik Benua Australia Beserta Penjelasan dan Gambarnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>