Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Posted on

Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Gambarnya – Setelah sebelumnya kita membahas tentang Karakteristik Benua Amerika, di kesempatan kali ini kita akan membahas Karakteristik dari Benua Asia berikut dengan Gambar, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Asia

Benua Asia IALAH benua terluas di dunia yang letakNYA di belahan Bumi utara. Yanf termsuk wilayah Benua Asia yakni meliputi bagian tengah dan timur Benua Eurasia.

Di bagian barat Benua Eurasia disebut dengan Benua Eropa. Jadi, secara kewilayahan Benua Asia dan Eropa ialah satu yakni Benua Eurasia. Cukup sulit untuk menentukan batas yang tegas antara Benua Asia dan Eropa. Benua Asia dan Benua Eropa dapat dibedakan oleh faktor budaya.

Di manakah batas Benua Asia dan Benua Afrika, serta Benua Asia dan Eropa? Wilayah Benua Asia dan Afrika dibatasi oleh tanah genting Suez.

Wilayah Benua Asia dan Eropa dibatasi oleh bebeapa tanda alam yakni Dardanelles, Laut Marmara, Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural, Sungai Emba, Pegunungan Ural, dan Novaya Zemlya.

Wilayah bagian utara Benua Asia mencakup sebagian besar Siberia dan wilayah Asia Tengah sebelah barat ialah dataran rendah yang berupa stepa, tundra, dan gurun pasir.

Luas benua Asia: +/- 43.998.920 km persegi.
Jumlah Penduduk: +/- 3.604.000.000 jiwa.
Letak Astronomi benua asia: 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.
Letak Geografis benua asia: Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia dan di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic.
Letak Geologis benua Asia: Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.

Batas-batas Wilayah benua Asia:
Sebelah Utara : Samudera Arktik dan Laut Utara
Sebelah Timur : Samudera Pasikfik dan Selat Bering
Sebelah Selatan : Samudera Hindia
Sebelah Barat : Laut Tengah, Laut Merah, Laut Hitam, Laut Kaspia, Sungai Ural, Pegunungan Ural.

Zona dataran tinggi yang sangat luas yakni berupa plato dengan ketinggian 4.570 m terletak di Tibet dan Cina. Zona ini dikelilingi oleh rangkaian pegunungan terbesar dunia, yakni Pegunungan Himalaya, Karakorum, Kunlun, Thian Shan, dan Hindukush.

Wilayah semenanjung Plato India dan Arab dihubungkan oleh dataran Gangga dan Tigris-Eufrat. Dataran rendah Asia Timur, khususnya di wilayah Cina, dibatasi oleh zona dataran tinggi di bagian tengah yang berupa puncak-puncak pegunungan.

Gunung tertinggi di asia dan dunia serta tempat terendah di dunia

Gunung Everest (8.856 m) di Nepal, ialah puncak tertinggi di dunia. Laut Mati atau Dead Sea berada pada 400 m di bawah permukaan laut dan itu merupakan tempat terendah di dunia.

Sungai-sungai di Asia

Sungai-sungai di Benua Asia ialah beberapa sungai terpanjang di dunia. Sungai-sungai yang dimaksud antara lain ialaj Sungai Ob-Irtysh, Yenisei-Argana, dan Lena di Siberia; Sungai Amur-Argun, Huang Ho, Chang (Yang Tze), Xi, Mekong, Thanlwin, dan Aye-yarwady di Asia Timur dan Tenggara; serta Sungai Gangga-Brahmaputra, Indus, dan Tigris-Eufrat di Asia Selatan dan Barat Daya.

Wilayah tengah Asia ialah daerah pengaliran sungai sangat luas yang dilalui oleh Sungai Amu Darya, Syr Darya, Ili, dan Tarim yang bermuara ke danau-danau di daerah pedalaman atau padang pasir yang kering. Laut Aral, Danau Baykal, dan Danau Balkash termasuk dalam danau-danau terbesar di dunia.

Benua Asia memiliki perbedaan iklim yang ekstrem. Ada wilayah yang beriklim panas terik, namun ada juga yang beriklim sangat dingin atau wilayah Arktik. Ada juga wilayah yang beriklim hujan deras akibat pengaruh muson, namun ada yang beriklim sangat kering, seperti di daerah Basin Tarim.

Itulah sekilas penjelasan tentang Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Gambarnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>