Karakteristik Benua Antartika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Antartika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Posted on

Karakteristik Benua Antartika Beserta Penjelasan dan Gambarnya – Banyak diantara kita tidak atau kurang mengetahui tentang Benua Antartika. Dan pada kesempatan Kali ini kita akan membahas Benua Antartika.

Karakteristik Benua Antartika

Karakteristik Benua Antartika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Benua Antartika memang jarang diperbincangkan banyak orang, bahkan kamu mungkin belum tahu tentang benua ini. Benua Antartika sendiri merupakan benua yang tidak dihuni oleh manusia, tempat paling dingin di Bumi dan hampir seluruh wilayahnya tertutup salju. Benua ini terletak di Kutub Selatan Bumi.

Letak Astronomis Benua Antartika : 66,5 – 90 LS (tidak ada keterangan untuk garis bujurnya, karena berada di daerah kutub)

  • Letak geografis Benua Antartika sendiri dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
  • Luas wilayah Benua Antartika : 15.540.000 km/segi
    Penduduk benua antartika : Hingga saat ini tidak ada penduduk yang menetap di Benua Antartika. Dan Manusia hanya datang untuk tujuan-tujuan tertentu seperti penelitian, penjelajahan, wisata serta berburu binatang kutub.
  • Benua Antartika sendiri terbagi 2 (dua) oleh pegunungan yang terdapat antara Laut Ross dan Laut Weddell. Adapun wilayah Antartika Barat memiliki luas 6.475.000 km2 berbentuk suatu kepulauan berpegunungan, termasuk Semenanjung Antartika. Dan wilayah Antartika Timur seluas 7.770.000 km2, secara geologi merupakan suatu perisai benua.
  • Wilayah Antartika Barat dan Timur tergabung menjadi massa benua tunggal oleh lapisan es yang tebal. Pada pinggir benua yang berbatasan dengan laut massa lapisan es pecah menjadi bongkahan es dan mengambang ke tengah laut.

Apakah wilayah Antartika seluruhnya tertutup es?

Dan Jawabanya tentu Tidak. Ada beberapa wilayah yang tidak tertutup es. Dan wilayah Antartika yang tidak tertutup es tersebut kurang dari 5%, yaitu meliputi puncak-puncak gunung, lembah-lembah kering, serta sebagian daerah pantai dan pulau-pulau.

Daratan Antartika Timur berada dekat permukaan laut, kecuali rangkaian pegunungan dan kubah benua yang tertutup es. Adapaun ketinggian kubah benua mencapai 4.000 m.

Di wilayah Antartika Barat memiliki relief es yang bervariasi, misalnya pulau-pulau berpegunungan dan rangkaian pegunungan bawah laut yang tertutup lapisan es.

Pada tahun 1970 banyak danau berair ditemukan di bawah lapisan es benua, dan contohnya Danau Vostok. Danau Vostok sendiri berukuran 280 km dan 60 km serta kedalamannya 500 m merupakan danau terbesar yang ada di Antartika.

Pulau-pulau bergunung di Antartika Barat berkaitan dengan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Dan secara struktural, hubungan keduanya dapat dilihat dari Semenanjung Antartika dan Busur Scotia (Pulau Georgia Selatan, Kepulauan Orkney Selatan, dan Kepulauan Sandwich Selatan).

Pegunungan Semenanjung Antartika dan Pegunungan Moric Byrd Land mempunyai ketinggian yang sebanding, yaitu sekitar 3.350 m. Pegunungan Ellsworth yang terletak di massa es Ronne merupakan pegunungan tertinggi di Antartika. Puncak tertinggi dari Benua Antartika adalah Vinson Massif (5.140 m).

Itulah sekilas penjelasan tentang Karakteristik Benua Antartika Beserta Penjelasan dan Gambarnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>