Karakteristik Benua Afrika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karakteristik Benua Afrika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Posted on

Karakteristik Benua Afrika Beserta Penjelasan dan Gambarnya – Ya setelah sebelumnya kita membahas tentang beberapa Karakteristik Benua Amerika dan Asia, dan kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik Benua Afrika dan untuk jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Karakteristik Benua Afrika Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Karaktersitik Benua Afrika

Wilayah Benua Afrika membentang di belahan bumi utara maupun selatan, yang mencakup daratan luas di barat daya Asia, serta pulau-pulau di sekitarnya.

Afrika sendiri merupakan satu-satunya benua yang dilalui garis lintang 0o (khatulistiwa) dan garis bujur 0o, dan garis balik utara serta selatan sekaligus. Wilayah benua ini terbagi atas 5 (lima) kawasan, yakni Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

1. Letak dan Luas Benua Afrika

Secara astronomis benua Afrika ini terletak antara 37o21’ LU – 34o52’ LS dan 17o32’ BB – 51o26’ BT. Wilayah tersebut dibatasi oleh Laut Tengah dan Teluk Suez di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah timur, serta oleh Samudra Atlantik di selatan dan barat.

Benua Afrika sendiri menempati urutan ke-tiga terluas, setelah Benua Asia dan Amerika. Luasnya kira-kira 30.208.000 km2.

2. Bentang alam Benua Afrika

Sebagian besar wilayah Benua Afrika berupa daratan. Oleh sebab itu, garis pantainya sangatlah pendek. Dan di bagian timur Afrika terdapat suatu lembah retakan besar yang terbentuk oleh suatu kegiatan vulkanik serta akibat pergeseran kerak bumi. Retakan ini memanjang dari Danau Malawi bagian timur (di wilayah negara Malawi) hingga ke utara sampai Laut Merah.

a. Rangkaian pegunungan menghiasi benua Afrika. Yang antara lain yakni Pegunungan Atlas, Ruwenzori, Darkensberg, dan Pegunungan Cameroon.

b. Titik tertinggi di Benua Afrika terdapat di daerah Tanzania, yaitu Gunung Kilimanjaro (±5.895 m). Afrika memiliki dataran kering yang terkenal, yaitu Gurun Sahara, Kalahari, dan Namib.

c. Titik terendah di Benua Afrika yaitu Danau Assal, di negara Djibouti (±155 di bawah muka laut). Danau lain nya yaitu Victoria, Tanganyika, Chad, dan Malawi.

d. Sungai-sungai penting di benua Afrika, yakni antara lain Sungai Nil, Congo, Niger, Zambesi, Orange dan Sungai Volta. Dan sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia (±6.640 km).

3. Iklim Benua Afrika

Benua Afrika memiliki iklim yang bervariasi. Benua Afrika sendiri terbagi atas beberapa wilayah iklim yaitu sebagai berikut :

a. Daerah iklim sedang / subtropis yakni meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan, wilayah selatan, dan garis balik selatan.

b. Daerah iklim tropis yakni daerah di sekitar ekuator. Mengalami curah hujan yang teratur. Namun, curah hujan semakin berkurang untuk daerah yang semakin jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, dan sebagian pantai di wilayah timur juga mengalami panas dan hujan sepanjang tahun.

c. Daerah iklim gurun jenis iklim yang 1 (satu) ini terdapat di wilayah Afrika bagian utara (wilayah gurun) dan bagian barat daya benua. Daerah beriklim gurun dapat mengalami kering sepanjang tahun.

d. Daerah iklim mediterania jenis iklim yg satu ini terdapat di wilayah paling utara Afrika sekitar Laut Tengah.

e. Daerah iklim pegunungan jenis iklim yg satu ini terdapat di wilayah pegunungan/ tinggi.

4. Sosial budaya Afrika

Benua Afrika sering di juga juluki sebagai “benua hitam” Hal ini konon bermula pada abad ke-19, saat bangsa Eropa sedang mencari daerah baru. Para pembuat peta mengalami suatu kesulitan memetakan benua tersebut, khususnya gurun sub-sahara.

Karenanya, di peta, wilayah tersebut dibiarkan gelap/hitam. Dari situlah istilah dari benua hitam muncul. Ada pula yang menyatakan bahwa kata hitam diambil dari jenis tanah di benua Afrika yang juga berwarna hitam.

a. Jumlah penduduk Afrika pertengahan 2007 mencapai ±944 juta jiwa, dan termasuk benua terpadat kedua sesudah Asia. Wilayah dengan penduduk terpadat ialah daerah Afrika Timur.

b. Penduduk benua hitam ini termasuk ras Negroid, yang mana kemudian terpecah-pecah lagi men-jadi banyak suku. Tapi, di benua ini juga tinggal bangsa-bangsa lain, seperti Arab, India, Melayu, serta masyarakat Eropa pendatang. Dan pada Tahun 2007 jumlah penduduk Afrika mencapai 934.283.426 jiwa. Afrika termasuk benua dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi.

c. Agama utama yang dianut penduduk di benua Afrika ialah Islam dan Kristen. Islam sendiri dianut oleh mayoritas penduduk wilayah Afrika Utara dan memiliki perkembangan yang paling cepat. Agama Kristen yang datang dari Mesir dan daerah Ethiopia banyak dianut oleh masyarakat Afrika Tengah.

d. Selain bahasa lokal, di Benua Afrika juga dipakai berbagai bahasa yang diwarisi dari zaman penjajahan. Misalnya, bahasa Perancis, Inggris, Spanyol, Portugal, dan Italia. Kata Afrika sendiri berasal dari bahasa Latin, Aprica yang berarti ‘bersinar’ atau bahasa Yunani Aphrike yang berarti ‘tanpa dingin’.

5. Perekonomian Benua Afrika

Oleh pengaruh iklim, sebagian besar dari wilayah Afrika tergolong kering dan kurang potensial untuk digarap. Walaupun demikian, masyarakatnya tetap mengusahakan berbagai bidang terkait dengan tanah, yakni pertanian, perikanan, dan peternakan.

Industri yang dikembangkan yakni pengolahan tambang (emas, intan, tembaga, bijih besi, fosfat) Secara keseluruhan negara-negara di benua Afrika tergolong masih miskin. Bahkan, benua ini dapat digolongkan sebagai benua termiskin di dunia.

Itulah sekilas penjelasan tentang Karakteristik Benua Afrika Beserta Penjelasan dan Gambarnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>