Definisi Operasional Variabel dan Kajian Teorinya

Definisi Operasional Variabel dan Kajian Teorinya

Posted on

Definisi Operasional Variabel dan Kajian Teorinya – Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Operasional Variabel. Dan untuk penjelasannya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Definisi Operasional Variabel

Definisi Operasional Variabel dan Kajian Teorinya

Definisi operasional sendiri ialah suatu definisi yang didasarkan pada karakteristik yang bisa diobservasi dari apa yang sedang didefinisikan atau “mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan perilaku atau gejala yang dapat diamati dan yang dapat diuji serta ditentukan kebenarannya oleh orang lain” (Young, dikutip oleh Koentjarangningrat, 1991;23). Adapun penekanan pengertian definisi operasional adalah pada kata “dapat diobservasi”. Variabel harus didefinisikan secara operasional agar lebih mudah dicari hubungan antara satu variabel dengan lainnya serta pengukurannya. Tanpa operasionalisasi variable, peneliti akan mengalami kesulitan pada saat menentukan pengukuran hubungan antar variable yang masih bersifat konseptual.

Kajian Teori Variabel Penelitian

Teori sendiri ialah alur logika atau penalaran yang merupakan seperangkat konsep, adapun definisi dan proposisi yang disusun secara sistematis. Secara umum teori memiliki 3 (tiga) fungsi yakni untuk menjelaskan, meramalkan dan pengendalian suatu gejala. Mengapa banyak pengusaha yang mengalami kebangkrutan di era reformasi ini, dapat dijelaskan melalui berbagai teori setelah pengusaha besar bangkrut, maka bagaimana akibatnya terhadap perekonomian nasional (fungsi prediksi) supaya harga-harga tidak melonjak mahal, maka apa yang perlu dilakukan (fungsi control).

Landasan teori ini perlu ditegakan agar penelitian tersebut mempunyai dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba, adanya landasan teoritis ini merupakan ciri bahwa penelitian itu merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data.

Dalam kaitanya dengan kegiatan penelitian, maka fungsi teori yang pertama digunakan untuk memperjelas serta mempertajam ruang lingkup variabel yang akan diteliti. Fungsi teori yang kedua ialah untuk merumuskan hipotetis dan menyusun instrument penelitian, karena pada dasarnya hipotesis itu sendiri merupakan pernyataan yang bersifat prediktif. Dan selanjutnya fungsi teori yang ketiga (control) digunakan untuk membahas hasil penelitian yang selanjutnya digunakan untuk memberikan saran dalam upaya pemecahan masalah. Dalam landasan teori perlu dikemukakan deskripsi teori dan kerangka berfikir, sehingga selanjutnya dapat dirumuskan hipotesis dan instrument penelitian.

Manfaat Operasionalisasi Variabel

Operasionalisasi variabel mimiliki manfaat untuk:
1. mengidentifikasi criteria yang dapat diobservasi yang sedang didefinisikan;
2. menunjukkan bahwa suatu konsep atau objek mungkin memiliki lebih dari satu definisi operasional;
3. mengetahui bahwa definisi dari operasional bersifat unik dalam situasi dimana definisi tersebut harus digunakan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Operasional Variabel dan Kajian Teorinya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>