Contoh Penyimpangan Positif dan Negatif

Contoh Penyimpangan Positif dan Negatif

Posted on

Contoh Penyimpangan Positif dan Negatif – Pembahasan kita kali ini kembali pada bahasan Perilaku Penyimpangan di Masyarakat, yang mana pembahasannya mencakup tentang contoh penyimpangan Positif dan Negatif. Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :

Contoh Penyimpangan Positif dan Negatif

a. Penyimpangan yang Bersifat Positif

Apa itu Penyimpangan Positif, Penyimpangan ini ialah Penyimpangan yang bersifat positif merupakan suatu bentuk penyimpangan atau perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku, tetapi memiliki dampak positif terhadap dirinya maupun masyarakat.

Penyimpangan ini sendiri memberikan unsur inovatif dan kreatif sehingga dapat diterima oleh masyarakat, meskipun caranya masih belum umum atau menyimpang dari norma yang berlaku di masyarakat.

Contoh Penyimpangan yang Bersifat Positif dan Solusinya

1. Seorang ibu yang berprofesi tukang ojek untuk membantu dan menambah penghasilan keluarganya.
Solusinya : Dengan sang ibu mencari pekerjaan yang lebih layak dilakukan oleh perempuan pada umumnya seperti menjadi seorang pembantu rumah tangga.

2. Seorang anak yang ingin bersekolah setinggi-tingginya akan tetapi tidak diperbolehkan oleh orang tuanya dikarenakan faktor ekonomi atau hal yang lainnya.
Solusinya : Pemerintahlah yang harus membantu pendidikan anak tersebut dengan bantuan dan BOS

3. Seorang anak yang bercita-cita menjadi seorang pembalap, akan tetapi dilingkungannya menjadi pembalap merupakan suatu pekerjaan atau hobi yang menyimpang
Solusinya : Harus adanya sosialisasi atau penjelasaan yang jauh lebih jelas mengenai menjadi seorang pembalap tidaklah buruk.

4. Dilingkungan suatu masyarakat di desa atau di daerah pedalaman yang masih menggunakan metode tradisional dalam melakukan sesuatu hal.
Solusunyi : Bisa dengan penyuluh atau sosialisasi ke desa atau pedalaman tersebut oleh pemerintah maupun dari suatu kelompok perkotaan.

5. Seorang perempuan yang melakukan aktivitas atau menjalin profesi yang pada umum dilakukan oleh laki-laki seperti berkarir di bidang politik.
Solusinya : Jika sudah memiliki suami alangkah lebih baik menyuruh suami saja yang bekerja.

b . Penyimpangan yang Bersifat Negatif

Penyimpangan yang bersifat negatif merupakan penyimpangan yang cenderung mengarah kepada tindakan yang dipandang rendah, dan berdampak buruk serta merugikan bagi pelaku serta masyarakat.

Bobot dari penyimpangan negatif ini dapat dilihat dari norma-norma atau nilai-nilai yang telah dilanggar. Pelanggaran terhadap norma-norma kesopanan dinilai lebih ringan dibandingkan dengan pelanggaran terhadap norma hukum.

Contoh Penyimpangan yang Bersifat Negatif dan Solusinya

1. Mabuk-mabukan di pesta dan balapan liar di jalanan
Solusinya : Memberikan nasehat dan merujuk agar dia bisa berhenti melakukan kebiasaanya tersebut.

2. Pembunuhan, perapokan, dan pencurian
Solusinya : Petugas hukum harus lebih serius lagi dalam menanggapi kasus-kasus tersebut agar tidak terulang lagi kedepannya.

3. Pejabat yang korupsi
Solusinya : Langsung di tangkap dan di tindak lanjuti.

4. Perkelahian yang dilakukan oleh suatu kelompok dengan kelompok yang lainnya misalkan dari sma 10 dengan sma 9 maupun antar suku.
Solusinya : dengan melakukan peraturan serta mendidik para siswa tentang perkelahian yang hanya membawa kerugian.

5. Sindikat uang palsu
Soulisnya : Penambahan aturan dan pencarian pengedar uang palsu agar ditindak lanjuti sesuai dengan peraturan tentang pembuatan uang palsu.

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh Penyimpangan Positif dan Negatif, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>