Contoh Penyimpangan Primer dan Penyimpangan Sekunder

Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya

Posted on

Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya – Pembahasan kita kali ini tentang Penyimpangan sosial, yang mencakup Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya, yang akan kami jelaskan pada ulasan berikut ini :

Contoh Penyimpangan Primer dan Penyimpangan Sekunder

Definisi Penyimpangan Sosial

Perilaku penyimpangan atau deviasi sosial itu merupakan semua bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial yang ada. Perilaku penyimpangan sendiri dapat terjadi di mana saja, baik itu di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Menurut G. Kartasaputra, perilaku penyimpangan merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang tidak sesuai atau tidak menyesuaikan diri dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak.

Bentuk-Bentuk Penyimpangan

Penyimpangan sosial dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu dilihat dengan berdasarkan kadar dan pelaku penyimpangannya.

Adapun bentuk Penyimpangan Sosial Berdasarkan Kadar Penyimpangan, yaitu sebagai berikut :

1. Penyimpangan primer dan contohnya

Penyimpangan primer atau yang disebut juga penyimpangan ringan. Para pelaku pada penyimpangan ini umumnya tidak menyadari bahwa dirinya telah melakukan penyimpangan.

Penyimpangan primer sendiri dilakukan tidak secara terus menerus (insidental saja) dan umumnya tidak begitu merugikan orang lain, contoh, misalnya : mabuk pada saat pesta, mencoret coret tembok tetangga, ataupun balapan liar di jalan.

Adapun penyimpangan jenis ini bersifat sementara atau temporer, maka orang yang melakukan penyimpangan ini, masih dapat diterima oleh masyarakat.

2. Penyimpangan sekunder dan contohnya

Dan selanjutnya Penyimpangan sekunder atau yang disebut juga dengan penyimpangan berat. Umumnya perilaku penyimpangan ini dilakukan oleh seseorang secara berulang-ulang dan terus menerus meskipun pelakunya sudah dikenai sanksi atau hukuman.

Adapun dentuk dari penyimpangan jenis ini mengarah pada tindakan kriminal, Contoh, seperti pembunuhan, perampokan, pencurian dan tawuran. Dan penyimpangan jenis ini sangat merugikan orang lain, sehingga pelakunya dapat dikenai sanksi hukum atau pidana.

Itulah sekilas penjelasan tentang Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>