Aktivitas Penduduk di Daerah Pantai, Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan

Aktivitas Penduduk di Daerah Pantai, Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan

Posted on

Aktivitas Penduduk di Daerah Pantai, Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan – Dari bentang alam yang terbaca melalui peta, jenis / bentuk kegiatan manusia di wilayah tersebut juga bisa diinterpretasikan.

Contoh misalnya, pola kehidupan masyarakat dapat diperkirakan berdasarkan dengan ketinggian tempat. Kehidupan manusia didataran rendah (didalam peta, daerah ini diberi warna hijau) lebih dinamis jika dibandingkan kehidupan didaerah yang lebih tinggi (didalam peta, daerah ini diberi warna cokelat, cokelat tua atau ungu kehitaman hingga putih).

Aktivitas penduduk di Daerah Pantai

Kegiatan manusia yang tinggal di daerah pantai sangat erat kaitannya dengan kegiatan perikanan atau kelautan, yang antara lain, meliputi hal-hal berikut ini :

a. Usaha Nelayan dalam menangkap ikan.
b. Pembuatan tambak-tambak untuk mebudidayakan ikan dan udang, di daerah payau.
c. Pembuatan tambak-tambak untuk menghasilkan garam.
d. Budidaya mutiara serta rumput laut.
e. Pada bidang pertanian, dilakukan budidaya perkebunan kelapa dan pengolahan sawah pasang surut.
f. Di beberapa wilayah pantai lain, telah difungsikan sebagai objek wisata, sehingga dapat membuka peluang pengembangan sektor perdagangan dan jasa.

Aktivitas Penduduk di Daerah dataran rendah

Aktivitas Penduduk di Daerah Pantai, Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan

Dataran rendah (didalam peta, daerah ini berwarna hijau tua) memiliki kontur landai atau relatif datar. Wilayah ini sendiri memiliki tingkat kedinamisan fisik sangat tinggi.

Jalan-jalan penghubung mudah dibangun sehingga tingkat dari aksesibilitas lebih tinggi. Berbagai jenis kendaraan datang dan pergi dengan mudah.

Dari kondisi tersebut, berbagai kegiatan manusia yang banyak dikembangkan didaerah yang dataran rendah, antara lain :

1. kegiatan pertanian / perkebunan tanaman dataran rendah.
2. kawasan industri (menengah & besar).
3. pusat-pusat perdagangan.
4. pusat-pusat pemerintahan & kebudayaan.
5. pusat-pusat permukiman.

Di daerah aliran sungai (DAS), selain dari kegiatan pertanian, sering kali bisa dijumpai kegiatan penambangan berbagai macam bahan tambang.

Di wilayah dataran rendah sendiri berupa sabana dikembangkan kegiatan peternakan hewan besar seperti sapi, kuda, dan kerbau.

Ativitas Penduduk di Daerah dataran tinggi

Wilayah dataran tinggi / pegunungan (dalam peta, daerah ini berwarna kuning–cokelat) memiliki udara yang lebih sejuk. Kegiatan yang mungkin dijumpai di wilayah ini, antara lain:

1. budi daya pertanian / perkebunan tanaman dataran tinggi;
2. kegiatan wisata gunung atau agrowisata; serta
3. kegiatan kehutanan (hutan produksi).

Itulah sekilas penjelasan tentang Aktivitas Penduduk di Daerah Pantai, Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>