6 Pengertian Analisis Fundamental Menurut Para Ahli

6 Pengertian Analisis Fundamental Menurut Para Ahli

Posted on

6 Pengertian Analisis Fundamental Menurut Para Ahli – Kali ini kita akan membahas Analisis Fundamental, yang mana pembahasan kali ini mencakup tentang Definisi Analisis Fundamental menurut beberapa Ahli. Lebih lengkapnya mari kita simak ulasannya berikut ini :

6 Pengertian Analisis Fundamental Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Fundamental

Analisis Fundamental merupakan suatu analisis yang dilakukan berdasarkan data-data ekonomi serta kinerja perusahaan. Analisis Fundamental sendiri dilakukan untuk mengidentifikasi prospek perusahaan (melalui analisi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya, yakni seperti aktiva, laba, deviden, prospek manajemen perusahaan), yakni dengan mengidentifikasi saham mana saja yang mempunyai prospek yang baik di masa mendatang atau mengidentifikasi saham mana saja yang mispriced di pasar.

Definisi Analisis Fundamental Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat mengenai analisi Fundamental ini dan diantaranya sebagai berikut :

1. Menurut Tjptono, menjelaskan bahwa Analisis Fundamental ialah salah satu cara untuk melakuakn penilaian saham dengan mempelajari atau mengamati berbagai indikator terkait dengan kondisi mikro ekonomi dan kondisi industri suatu perusahaan, termasuk berbagai indikator dan keuangan dan manajemen perusahaan.

2. Menurut Justarina, Analisis Fundamental merupakan suatu analisa yang dilakukan dan ditujukan pada aspek-aspek yang fundamental dari perusahaan yang terjun ke pasar modal.

3. Menurut Halim , Analisis Fundamental merupakan suatu analisis yang membandingkan antara nilai intrinsik suatu saham dengan harga pasarnya yang mana digunakan dalam menentukan apakah harga pasar tersebut sudah mencerminkan nilai intrinsiknya atau belum.

4. Kamarudin, berpendapat bahwa analisis fundamental itu mempelajari brosur atau data-data industri perusahaan, penjualan, kekayaan, pendapatan, produk serta penyerapan pasar, evaluasi manajemen perusahaan, membandingkan dengan pesaingnya, dan mempekirakan nilai intrinsik dari saham perusahaan tersebut.

5. Menurut Suad Husnan, menenrangkan Analisis Fundamental mencoba memperkirakan harga saham dimasa yang akan datang dengan mengstimasi niali faktor-faktor fundamental yang memperngaruhi harga saham dimasa yang akan datang dan menerapkan hubungan variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh taksiran harga saham.

6. Menurut Martalena dan Malinda menjelaskan bahwa “Analisis fundamental mempraktikkan harga saham di masa mendatang dengan mengestimasi nilai faktor-faktor fundamental yang memengaruhi harga saham di masa mendatang dan menerapkan hubungan variabel-variabel tersebut”.

Dari beberapa penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis fundamental bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi atau memproyeksikan nilai dari suatu saham yang nantinya hasil dari analisisnya digunakan untuk menilai kinerja perusahaan dan potensi pertumbuhan perusahaan di masa mendatang.

Itulah sekilas penjelasan tentang 6 Pengertian Analisis Fundamental Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>