5 Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli

5 Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli

Posted on

5 Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli – Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Definisi Analisis Fundamental Menurut Para Ahli. Kali ini kita akan membahas Definisi Analisis Teknikal Menurut Para Ahli, untuk jelasnya kita simak ulasannya berikut ini :

5 Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Teknikal

Analisis teknikal ialah analisis keuangan perusahaan yang dilakukan dengan cara mengamati harga saham yang berlaku di pasar. Pengamatannya sendiri dilakukan dengan mengamati tren harga saham. Dan berdasarkan tren tersebut, analis membuat keputusan apakah akan menjual atau akan membeli saham perusahaan. Seorang analis teknikal yang sejati akan mempercayai bahwa kondisi keuangan perusahaan tercermin pada harga saham.

Analisis fundamental merupakan analisis keuangan perusahaan yang didasarkan dengan laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Agar informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut menjadi lebih berarti maka diperlukan berbagai analisis atas laporan keuangan. Adapun beberapa model analisis yang lazim digunakan ialah analisis horisontal, analisis trend, analisis vertikal/common size (analisis pembandingan laporan keuangan), analisisi rasio, analisis penggunaan dan sumber dana, analisis arus kas, serta analisis kredit.

Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli

1. Rahardjo (2006) mendefinisikan, bahwa Analisis teknikal merupakan suatu metodologi peramalan fluktuasi harga saham yang datanya diambil dari data perdagangan saham yang terjadi di pasar saham atau bursa efek. Jenis datanya sendiri bisa berbentuk informasi harga saham, jumlah volume & nilai transaksi perdagangan, harga tertinggi & terendah pada perdagangan setiap hari, atau berbagai informasi lain yang terkait dengan transaksi saham yang terwujud dalam bentuk tren harga saham; bisa dalam bentuk grafik atau sejenisnya.

2. Tandelilin, menjelaskan bahwa analisis teknikal ialah teknik untuk memprediksi arah pergerakan harga saham serta indikator pasar saham lainnya berdasarkan pada data pasar historis seperti informasi harga dan volume.

3. Sunariyah, menjelaskan bahwa analisis teknikal (technical analysis) merupakan suatu teknik analisis yang menggunakan data atau catatan mengenai pasar itu sendiri untuk berusaha mengakses permintaan serta penawaran suatu saham tertentu atau pasar secara keseluruhan. Pendekatan analisis ini sendiri menggunakan data pasar yang dipublikasikan, seperti harga saham, volume perdagangan, indeks harga saham gabungan dan individu, serta faktor-faktor lain yang bersifat teknis.

4. Halim, menjelaskan bahwa analisis teknikal itu dimulai dengan cara memperhatikan
perubahan harga saham itu dari waktu ke waktu. Analisis ini beranggapan bahwa harga suatu saham akan ditentukan oleh penawaran & permintaan terhadap harga saham tersebut.

5. Syamsir, menyatakan Analisis teknikal dapat dikatakan sebagai sebuah analisa tentang pergerakan harga saham yang didasarkan dari pergerakan harga saham itu sendiri di masa lalu”.

Itulah sekilas penjelasan tentang 5 Pengertian Analisis Teknikal Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>