5 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli

5 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli

Posted on

5 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli – Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Analisis Regresi Sederhana, kali ini kita akan membahas Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

5 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli

1. Menurut Nawari (2010), analisis regresi merupakan metode sederhana untuk melakukan investigasi tentang hubungan fungsional di antara beberapa variabel. Hubungan antara beberapa variabel tersebut diwujudkan dalam suatu model matematis. Model regresi, variabel sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu variabel respons (response) atau biasa disebut juga variabel bergantung (dependent variable) serta variabel explonary atau biasa juga disebut variabel penduga (predictor variable) atau disebut juga dengan variabel bebas (independent variable).

2. Menurut Sunyoto, (2007), Analisis regresi merupakan bagian integral dalam peramalan. Maksud dari peramalan ini ialah berdasarkan data yang diolah dengan cara statistik yang kemudian menarik sebuah kesimpulan. Analisis regresi sendiri digunakan untuk mengetahui sampai sejauh mana suatu variabel berpengaruh pada variabel lainnya atau beberapa variabel lainnya.

3. Menurut Hasan (2008), regresi merupakan suatu alat ukur yang juga digunakan untuk mengukur ada tidaknya korelasi antarvariabel. Istilah regresi yang berarti ramalan atau taksiran. Analisis regresi lebih akurat dalam melakukan analisis korelasi, karena pada analisis itu kesulitan dalam menunjukkan slop (tingkat perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya dapat ditentukan). Analisis regresi dapar meramal atau memperkirakan nilai variabel bebas lebih akurat. Regresi linier adalah regresi yang variabel bebasnya (variabel x) berpangkat paling tinggi satu.

4. Menurut Galton, Analisis Regresi berkenaan dengan studii ketergantungan dari suatu variabel yang disebut dengan variabel tak bebas (dependet variable), pada satu atau variabel yang menerangkan dengan tujuan untuk memperkirakan ataupun meramalkan nilai-nilai dari variabel tak bebas jika nilai variabel yang menerangkan sudah diketahui. Variabel yang menerangkan sering juga disebut variabel bebas (independent variable). Untuk mempelajari hubungan-hubungan antara beberapa variabel, analisis regresi bisa dilihat dari 2 (dua) bentuk yaitu : Analisis Regresi Sederhana (Simple Regression) dan Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression)

5. David Olson & Yong Shi (2008), dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Pengalian Data Bisnis mengemukakan bahwa regresi ialah salah satu perangkat dasar untuk analisis yang bisa digunakan untuk membuat model prediktif untuk berbagai jenis data.

Itulah sekilas penjelasan tentang 5 Pengertian Analisis Regresi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>