5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli

5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli

Posted on

5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli – Kali ini kita akan membahas Analisis Rasio Keuangan, yang mana pembahasan kali ini kita akan mengulas Definisi atau Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Beberapa Ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Rasio Keuangan

Analisis rasio keuangan ialah membandingkan angka-angka yang ada pada laporan keuangan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan dan menilai kinerja manajemen dalam suatu periode tertentu.

Pengertian Analisis Rasio Kuangan Menurut Para Ahli

1. Menurut Ross, Westerfield, dan Jordan, (2009) yang diterjemahkan oleh Yulianto, Yuniasih dan Christine, Analisis Rasio Kuangan adalah hubungan yang dihitung dari informasi keuangan suatu perusahaan dan digunakan untuk tujuan perbandingan.

2. Menurut Warsidi & Bambang dalam Fahmi (2011), Analisis Rasio Keuangan adalah instrumen analisis prestasi dari perusahaan yang menjelaskan berbagai hubungan dan indikator keuangan, yang ditujukan utk menunjukan perubahan dalam kondisi keuangan atau prestasi operasi dimasa lalu dan membantu menggambarkan trend pola perubahan tersebut, utk kemudian menunjukkan risiko dan peluang yang melekat pada perusahaan yang bersangkutan.

3. Menurut Samryn (2011), Analisis rasio keuangan ialah suatu cara yang membuat perbandingan data keuangan perusahaan menjadi lebih arti. Rasio keuangan menjadi dasar utk menjawab beberapa pertanyaan penting mengenai kesehatan keuangan dari perusahaan.

4. Menurut Munawir (2010:106), Analisis rasio keuangan adalah Future oriented atau berorientasi dengan masa depan, artinya bahwa dengan analisa ratio keuangan bisa digunakan sebagai alat utk meramalkan keadaan keuangan serta hasil usaha dimasa mendatang. Dengan
angka-angka ratio historis atau kalo memungkinkan dengan angka rasio industri (yang dilengkapi dengan data lainnya) bisa digunakan sebagai dasar utk penyusunan laporan keuangan yang diproyeksikan yang merupakan salah satu bentuk perencanaan keuangan perusahaan.

5. James C Van Horne yang dikutip dari kasmir (2008:104) : Rasio keuangan merupakan indeks yang menghubungkan 2 (dua) angka akuntansi dan diperoleh dengan membagi satu angka dengan angka lainnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang 5 Pengertian Analisis Rasio Keuangan Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>