4 Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli

4 Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli

Posted on

4 Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli – Kali ini kita SeputarPendidikan akan membagikan materi tentang Pengertian Analisis Regresi, yang mana pembahasan kali ini mengerucut pada Definisi Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Analisis Regresi

Regresi sendiri merupakan suatu alat ukur yang digunakan utk mengukur ada atau tidaknya hubungan antar variabel. Adapun dalam analisis regresi, suatu persamaan regresi atau persamaan penduga dibentuk utk menerangkan pola hubungan variabel-variabel apakah ada hubunan antara 2 variabel atau lebih. Hubungan yang didapat pada umumnya menyatakan hubunagan fungsional antara variabel-variabel.

4 Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli

Istilah ‘regresi’ sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli yang bernama Fancis Galton pada tahun 1886. Menurutnya, analisis regresi itu berkenaan dengan study ketergantungan dari suatu variabel yang disebut dengan variabel tak bebas (dependet variable), pada satu atau variabel yang menerangkan dengan tujuan untuk memperkirakan ataupun meramalkan nilai-nilai dari variabel tak bebas, apabila nilai variabel yang menerangkan sudah diketahui. Dan Variabel yang menerangkan sering disebut dengan variabel bebas (independent variable). Untuk mempelajari hubungan-hubungan antara beberapa variabel, analisis regresi dapat dilihat dari 2 (dua) bentuk yaitu :

1. Analisis Regresi Sederhana (Simple Regression)
2. Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression)

Analisis regresis sederhana sendiri merupakan hubungan antara 2 (dua) variabel yakni variabel bebas (independent variable) dan variabel tak bebas (independent variable).

Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli

1. Menurut J. Supranto, 2001, Analisis regresi sederhana ialah memperkirakan hubungan antara 2 (dua) variabel tanpa membuat asumsi terlebih dahulu mengenai bentuk hubungan yang dinyatakan dalam fungsi tertentu.

2. Menurut J. Supranto, 1988, Analisis regresi sederhana ialah tidak mungkin untuk memperkirakan hubungan antara 2 (dua) variabel tanpa membuat asumsi terlebih dahulu mengenai bentuk hubungan yang dinyatakan dalam fungsi tertentu.

3. Menurut Samsubar Saleh, 1990, Analisis regresi sederhana merupakan analisis yang ingin mengetahui sampai seberapa jauh perubahan 1 (satu) variabel terhadap variabel lainnya.

4. Menurut Jonathan Sarwono, 2006, Analisis regresi sederhana ialah megestimasi besarnya koefisien-koefisien yang dihasilkan dari persamaan yang bersifat linier yang melibatkan 1 (satu) variabel bebas untuk digunakan sebagai alat prediksi besarnya nilai variabel tergantung.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa analisis regresi sederhana itu adalah cara kita untuk memperkirakan hubungan antara 2 (dua) variabel mengenai bentuk hubunngan yang dinyatakan dalam fungsi tertentu yang digunakan sebagai alat prediksi besarnya nilai variabel tergantung.

Itulah sekilas penjelasan tentang 4 Pengertian Analisis Regresi Sederhana Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>