4 Pengertian Analisis Faktor Menurut Para Ahli

4 Pengertian Analisis Faktor Menurut Para Ahli

Posted on

4 Pengertian Analisis Faktor Menurut Para Ahli – Kali ini kita akan membahas tentang Analisis Faktor, yang mana pembahasan kali ini kita akan mengulas Definisi dari Analisis Faktor. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

4 Pengertian Analisis Faktor Menurut Para Ahli

Definisi Analisis Faktor

Analisis faktor merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi.

Analisis faktor juga merupakan perluasan dari analisis komponen utama. Digunakan juga dalam mengidentifikasi sejumlah faktor yang relatif kecil yang dapat digunakan untuk menjelaskan sejumlah besar variabel yang saling berhubungan.

Definisi Analisis Faktor Menurut Para Ahli

1. Menururt Fruchter, (1954), Analisa faktor merupakan suatu metode untuk menganalisis sejumlah observasi, dipandang dari sisi interkorelasinya utk mendapatkan apakah variasi-variasi yang nampak dalam observasi itu mungkin berdasarkan atas sejumlah kategori dasar yang jumlahnya lebih sedikit dari yang nampak.

2. Kerlinger (1990) menjelaskan bahwa Analisis faktor ialah gagasan atau konsep suatu hipotesis yang sungguh-sungguh ada yang mendasari suatu tes, skala, aitem serta pengukuran-pengukuran dalam banyak hal. Jadi analisis faktor itu bermanfaat untuk mengurangi pengukuran-pengukuran & tes-tes yang beragam supaya menjadi sederhana.

3. Menurut Suliyanto, (2005), Analisis faktor merupakan suatu teknik dalam menganalisis tentang saling ketergantungan dari beberapa variabel secara simultan dengan tujuan utk
menyederhanakan dari bentuk hubungan antara beberapa variabel yang diteliti menjadi sejumlah faktor yang lebih sedikit dari pada variabel yang diteliti. Hal ini berarti, analisis faktor dapat pula menggambarkan tentang struktur data dari suatu penelitian.

4. Menurut Hair, (2010), Analisis faktor itu merupakan teknik interdependensi (interdependence technique), dimana tidak ada pembagian variabel menjadi variabel bebas & variabel tergantung dengan tujuan utama yakni mendefinisikan struktur yang terletak di antara varaibel-variabel dalam analisis. Analisis ini menyediakan alat-alat utk menganalisis struktur dari hubungan interen atau korelasi di antara sejumlah besar
variabel dengan menerangkan korelasi yang baik antara variabel, yang diaasumsikan
untuk merepresentasikan dimensi-dimensi dalam data.

Itulah sekilas penjelasan tentang 4 Pengertian Analisis Faktor Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>