Tumbuhan Pemakan Serangga (Venus), Beserta Ciri dan Contohnya

Posted on

Tumbuhan Pemakan Serangga (Venus), Beserta Ciri dan Contohnya – The venus flytrap atau sering disebut tumbuhan venus merupakan tanaman yang mendapatkan nutrisinya dengan cara menangkap/memakan serangga. Serangga yang ditangkap hanya dimanfaatkan nutrisinya saja untuk tumbuhan venus bukan untuk memenuhi energi.

Kita telah mengetahui bahwa tanaman itu tidak hanya memerlukan zat hara dan air saja untuk melakukan fotosintesisnya, namun melainkan juga perlu energi, lebih tepatnya tumbuhan membutuhkan fosfor, nitrogen serta karbon sebagai bahan baku untuk melakukan fotosintesis. biasanya tanaman mendapatkan itu semua dari tanah tempatnya tumbuh dengan proses kapilarisasi pada akarnya namun flytrap biasanya tumbuh di tempat yang minim akan kandungan bahan organik dan mineral lain. Oleh Karena itu tumbuhan ini beradaptasi untuk memperoleh zat tersebut dengan cara yang sangat berbeda dari tumbuhan lainnya yakni dengan cara memangsa serangga seperti laba-laba, kumbang, belalang, jangkrik dan serangga lain sebagainya.

Tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan yang unik di dunia karena memiliki keahlian dalam menangkap serangga sehingga tanaman venus masuk dalam kategori tanaman insektivora. Dengan aroma dan tampilan yang khas tanaman ini mampu dengan mudah mengecoh serangga untuk menghampirinya. Serangga-serangga itu hinggap tanpa ada rasa curiga pada dirinya meski telah diintai oleh tumbuhan ini. Sistem yang tumbuhan ini miliki sangatlah rumit sehingga tumbuhan ini mampu untuk menutup daunnya sehingga serangga yang hinggap diantara daun yang terbuka tidak dapat keluar lagi.

Ciri Tumbuhan Venus

Nama latin dari tumbuhan ini adalah Dioneae muscipula, memiliki bentuk daun yang mirip dengan buku yang sedang terbuka, bagian dalamnya berwarna merah menawan karenanya dapat menarik perhatian serangga yang ada disekitar. Pada bagian tengah daun ini terdapat kelenjar yang mengeluarkan cairan dengan aroma yang sedap dan membuat serangga semakin penasaran dan tertarik untuk menghinggapinya.

Saat serangga hinggap diantara 2 (dua) daun tumbuhan ini maka sistem sensor yang ia miliki akan aktif dan daunnya akan menutup dengan rapat. Usaha serangga yang ingin keluar akan membuat tumbuhan ini semakin kuat untuk mengapit serangga tersebut, kebanyakan serangga yang telah masuk tidak dapat lolos.

Contoh Tumbuhan Venus

  1. Aldrovanda Vesicula
  2. Brocchinia Reducta
  3. Byblis
  4. Pinguicula
  5. Sarracenia
  6. Utricularia
  7. Venus Flytrap
  8. Darlingtonia Californica
  9. Drosera
  10. Genlisea
  11. Heliamphora
  12. Nepenthez
  13. Cephalotus

Itulah sekilas penjelasan mengenaiĀ Tumbuhan Pemakan Serangga (Venus), Beserta Ciri dan Contohnya semoga bisa artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca, apabila ada masukan bisa kirim ke redaksi kami. Terima Kasih šŸ™‚

Baca Lainnya: