Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya

Posted on

Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya – Sebagian besar dari kita pasti pernah bahkan sering mendengar kata denah. Apakah kita tahu apa itu denah ? bagaimana cara membaca denah dan lain sebagainya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang denah, mulai dari pengertian, fungsi, unsur dan cara membaca serta contohnya.

Pengertian Denah

Denah ialah suatu gambaran tentang letak tempat. Dengan menggunakan denah kita dapat dengan mudah untuk menemukan berbagai macam tempat tanpa harus bertanya pada orang lain, namun buka berarti kita tidak membutuhkan bantuan orang lian. Kita juga bisa memanfaatkan memamouan membaca denah untuk membantu orang lain jika ada ornag yang bertanya pada kita.

Dalam definisi lain, denha ialah tampak atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal dengan jarak minimal 1M dari ketinggian 0,00 dimana suatu bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan dengan juga sebagai petunjuk atau untuk memisahkan anatr ruangan yang satu dengan ruangan lain.

Fungsi Denah

Denah berfungsi sebagai petunjuk dari letak suatu objek, seperti pada denah ruangan maka dalam denah akan digambarkan fungsi ruang, susunan ruang, sirkulasi ruang, dimensi ruang, letak pintu bukaan, isi ruang dan lain sebagainya. Dan pada denah lokasi akan digambarkan arah lokasi, patokan lokasi, ciri dari lokasi dan lainnya.

Saat membaca suatu denah kita harus memperhatikan arah mata angin sebagai patokannya, setiap denah pasti mata anginnya menunjukan arah utara. Dalam denha juga dicantumkan nama jalan dan tempat umum yang akan memudahkan kita untuk mencapai lokasi tertentu.

Unsur-Unsur Denah

1. Terdapat sebuah judul denah
2. Terdapat gambaran umum sebuah lokasi
3. Terdapat gambaran arah mata angin yang mengarah ke arah utara
4. Terdapat penyebutan nama-nama dari setiap tempat pada gambar denah.

Cara Membaca Denah

1. Silahkan anda baca terlebih dahulu judul dari denah tersebut.
2. Perhatikan keterangan-keterangan yang menjelaskan simbol pada denah.
3. Baca hubungan bagian dari denah, baik itu berupa jalan atau bangunan-bangunannya.
4. Masukan segala hal yang ingin kita ketahui dari denah itu.
5. Baca juga semua isi dari dnah untuk mencari sebuah jawaban dari berbagai pertanyaan yang sudah diajukan.

Contoh Denah

Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>