Pengertian Analisis Jabatan Beserta Macam, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Analisis Jabatan Beserta Macam, Tujuan dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Analisis Jabatan Beserta Macam, Tujuan dan Manfaatnya – Analisis jabatan ialah suatu kegiatan pengumpulan, penilaian serta penyusunan berbagai informasi dengan sistematis yang berhubungan dengan jabatan. Dalam pengertian lain, analisis jabatan ialah kegiatan untuk mempelajarai dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan jabatan dengan sistematis dan teratur.

Secara teknis, analisis jabatan ialah suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk menentukan tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan, persyaratan apa saja yang harus kita penuhi dimana pekerjaan tersebut dilakukan dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Pengertian Analisis Jabatan Beserta Macam, Tujuan dan Manfaatnya

Tujuan Analisis Jabatan

Tujuan dari analisis jabatan ialah untuk menciptakan SDM atau Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam mengehadapai perkembangan ekonomi untuk menciptakan sumber kenyamanan saat bekerja dan agar terkendali dalam pekerjaan pada suatu perusahaan atau organisasi. Didalamnya termasuk ditentukan:

1. Apa saja yang dilakukan oleh pekerja dengan jabatan yang didudukinya.
2. Apa saja wewenang dan tanggung jawab pekerja dengan jabatannya saat ini.
3. Kenapa pekerjaan tersebut harus dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukan pekerjaan tersebut.
4. Peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan.
5. Berapa besar gaji yang diterima dan berapa lama jam kerjanya.
6. Pendidikan, pelatihan dan pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan itu.
7. kemampuan, sikap apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan itu.

Macam-macam Analisis jabatan

1. Job analysis for personal specipication, jenis ini bertujuan untuk menentukan syarat-syarat kualifikasi sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang dibutuhkan.

2. Job analysis for training purposes, jenis ini bertujuan untuk menentukan langkah apa saja yang harsu ditmpuh dalam mengajarkan suatu pekerjaan kepada karyawan atau pegawai dalam perusahaan yang digunakan juga untuk kebutuhan pendidikan dan latihan.

3. Job analysis for setting reters, jenis ini bertujuan untuk menentukan nilai setiap jabatan dalam perusahaan dan dapat ditentukan tingkat gaji atau upah dari setiap jabatan pegawai atau karyawan.

4. Job analysis for method improvement, jenis ini bertujuan untuk mempermudah cara kerja sumber daya manusia atau SDM sebagai tenaga kerja pada suatu jabatan tertentu.

Manfaat Analisis Jabatan

Analisis jabatan mempunyai banyak manfaat untuk memimpin suatu perusahaan atau organisasi, salah satu manfaatnya ialah untuk memecahkan masalah tentang kepegawaian khususnya yang berhubungan dengan tugas yang harus ia lakukan di perusahaan tersebut. Beberapa manfaat analisis jabatan, antara lain:

1. Sebagai penarikan serta seleksi tenaga kerja.
2. Sebagai Penempatan posisi tenaga kerja.
3. Sebagai penentuan pendidikan atau pelatihan dari tenaga kerja.
4. Sebagai keperluan dalam penilaian kerja.
5. Sebagai perbaikan syarat dalam pekerjaan.
6. Sebagai alat promosi jabatan pada tenaga kerja.
7. Sebagai perencanaan organisasi.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Analisis Jabatan Beserta Macam, Tujuan dan Manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>