Definisi Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen

Definisi Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen

Posted on

Definisi Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen – Pada kesempatan ini kita masuk kepembahasan tentang Manajemen, yang mana pembahasan kali ini mencakup Definisi, Fungsi serta Tujuan dari Manajemen. Untuk lebih jelasnya mari bersama kita simak penjelasan berikut ini :

Definisi Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen

Pengertian Manajemen

1. George R. Terry

Manajemen ialah suatu proses yang khas, dimana terdiri dari kegiatan pengorganisasian, perencanaan, menggerekan dan pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan dan mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditetapkan dengan bantuan manusia dan sumber daya lainnya.

2. Mary Parker Follet

Manajemen ialah seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang-orang. Pengertian tentang manajemen ini sangat sesuai dengan kenyataan yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, dimana seorang manajer tidak melakukan sendiri tugas yang harus diselesaikan namun dnegan mengatur orang lain untuk menyelesaikannya.

3. James A.F. Stoner

Manajemen ialah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengidinasian serta pengawasan atas sumber daya, terutama pada sumber daya manusia dalam mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Berdasarkan semua pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen ialah suatu ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu yakni berfungsi untuk menerangkan kejadian-kejadian, gejala-gejala serta keadaan-keadaan yang ada. Dan manajemen sebagai seni ialah berfungsi untuk mengajarkan kita bagaimana melaksanakan sesuatu hal untuk mencapai tujuan uang nyata-nyata akan mendatangkan hasil atau manfaaat. Dalam ahl ini manajemen digambarkan sebagai 5P yakni perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengoordinasian dan pengawasan. Kelima fungsi manajemen itu merupakan kunci bagi keberhasilan suatu pemotivasian serta pengkomunikasian. Kedua fungsi tersebut yakni pengkomunikasian dan pemotivasian akan menunjang keberhasilan lima fungsi yang pertama.

Fungsi Manajemen

1. Perencanaan

Perencanaan ialah sebagai hasil pemeikiran yang mengarah ke masa depan, yakni menyangkut serangkaian tindakan yang berdasarkan pemahaman yang mendalam terhadap semua faktor yang terlibat dan yang diarahkan pada sasaran atau tujuan khusus. Dengan kata lain, perencanaan merupakan penentuan serangkaian tindakan berdasarkan pemilihan dari berbagai alternatif data yang ada, da;am hal ini dapat dirumuskan dalam bentuk keputusan yang akan dikerjakan untuk masa yang akan datang dalam usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Pengorganisasian

Langkah selanjutnya itu ialah menciptakan organisasi untuk melaksanakan rencana yang sudah dirumuskan. Organisasi pada hakikatnya memiliki tiga komponen yakni fungsi, personalia dan faktor sarana fisik. Proses sebuah organisasi dalam berusaha mempersiapkan ketiga komponen tersebut sedemikian rupa supaya dapat memperlancar pencapaian tujuan perusahaan. Dengan begitu maka pengorganisasian didefinisikan sebagai suatu proses menciptakan hubungan antara personalia, fungsi-fungsi dan faktor fisik supaya kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.

3. Pengarahan

Pengarahan berfungsi untuk egrak pelaksanaan dari kegaitan-kegiatan fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Pengarahan dapat juga diartikan sebagai suatu aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat bahwan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan pikiran serta tenaganya dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Itu artinya ruang lingkup pengarahan pengelolaan sumber daya menusia yang efektif dan efisien.

4. Pengeoordinasian

Koordinasi ialah saya upaya untuk mensinkronkan dan menyatukan tindakan-tindakan sekelompok manusia. Koordinasi ialah otak dalam batang tubuh dari keahlian manajemen. Bila manajer menemukan kesulitan dalam koordinasi yang berkelanjutan maka ia harus mencurigaikelemahan program perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan. Dengan kata lian, koordinasi ialah bidang keahlian dari manajemen. Perintah yang lazim dan baik dari bidang keahlian manajemen lainnya akan membuat koordinasi tidak begitu dibutuhkan, namun pada organisasi yang dikelola denngan baik sekalipun pasti ada bidang yang membutuhkan koordinasi.

5. Pengawasan

Ini ialah fungsi terahir yang harus dilakukan dalam manajemen karena dnegan melakukan pengawasan dapat diketahui hasil yang sudah tercapai. Dalam hal ini berrati dengan pengawasan dapat mengukur seberapa jauh hasil yang sudah tercapai sesuai dnegan apa yang sudah direncanakan.

Pengawasan ialah sebagai suatu kegiatan mendererminasi apa saja yang sudah dilaksanakan sesuai dnegan tujuan untuk segera mengetahui akan kemungkinan terjadinya penympangan dan hambatan sekaligus mengadakan koreksi untuk memperlancar dlam tercapainya tujuan. Dengan fungsi ini dapat menjamin bahwa kegitan-kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan hasil yang diinginkan.

Tujuan Manajemen

1. Melaksanakan serta mengevaluasi strategi yang kita pilih dengan efektif dan efisien.

2. Mengevalusi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi dan melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi bila terdapat penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.

3. Senantiasa memperbarui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.

4. Selalu meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman peluang yang ada.

5. Selalu melakukan inovasi atas kegiatan sehingga hidup lebih teratur.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>