Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan.png

Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan

Posted on

Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan – Kewirausahaan berasal dari dua kata yakni wira yang artinya kesatria, pehlawam, pejuan, unggu, gagah berani dan usaha yang artinya melakukan sesuatu, bekerja. Dengan demikian pengertian wirausaha jika ditinjau dari segi kata ialah orang tangguh yang melakukan sesuatu. Namun definisi kewirausahaan yang lebih detail akan kita ambilo Mengacu dari Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995 disebutkan bahwa:

Wirausaha ialah orang yang memiliki semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.

Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan.png

Kewirausahaan ialah semangat, sikap, perilaku serta kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada usaha mencari, menciptakan dan menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang kebih baik dan atau mendapatkan keuntungan yang lebih besar

Kewirausahaan atau dalam bahasa perancis disebut dengan entrepreneurship dan jika diterjemahkan secara harfiah memiliki pengertian sebagai perantara, diartikan sebagai sikap serta perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta, rasa dan karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras serta kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal .

Menurut Munawir Yusuf (1999) ciri kewirausahaan ialah:

1. Motivasi berprestasi
2. Kemandirian
3. Kreativitas
4. Pengambilan resiko (sedang)
5. Keuletan
6. Orientasi masa depan
7. Komunikatif dan reflektif
8. Kepemimpinan
9. Locus of Contro
10. Perilaku instrumental
11. Penghargaan terhadap uang.

Manfaat Kewirausahaan ialah:

1. Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadim distribusi, pemeliharaan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat. Menjadi sbeuah contoh bgai masyarakat pribadi yang unggu dan patut untu diteladani.

2. Memberikan bantuan pada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuan.

3. Menmbah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

4. Mendidik masyarakat untuk hidup efisien dan tidak boros.

Sebagai generasi muda kita patut untuk maju sebagai wirausahaan, dengan memiliki usaha sendiri maka kita akan merasakan bagaimana perjuangan untuk mecapai kesuksesan dalam hidup. Dengan menjadi wirausahawan maka kita memiliki kebebasan untuk berekspresi dalam usaha tanpa harus mengikuti perintah dari orang lain, kita juga dapat membantu teman-teman yang belum bekerja untuk dapat bekerja ditempat kita dnegan begitu kita membantu mengurangi jumlah pengangguran dan dengan otomatis meminimalisir angka kejahatan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Kewirausahaan Beserta Manfaat dan Ciri Kewirausahaan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>