Definisi Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Dan Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

Definisi Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Dan Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

Posted on

Definisi Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Dan Macam-Macam Gaya Kepemimpinan – Leadership atau kepemimpinan ialah ilmu terapan dari ilmu-ilmu sosial, karena prinsip-prinsip dan rumusnya diharapkan untuk dapat mendatangkan menfaat bagi kesejahteraan manusia. Terdapat banyak pengertian yang dikemukakan oleh para ahli menurut sudut pandang mereka masing-masing. Pengertian-pengertian tersebut menunjukan adanya beberapa kesamaan.

Sejarah Kepemimpinan

Dalam perkembangan zaman, kepemimpinan secara ilmiah lalu berkembang bersamaan dengan pertumbuhan manajemen ilmiah yang dipelopori oleh seorang ilmuan yang bernama Frederick W. Taylor pada awal abad ke 20 dan berkembang menjadi satu ilmu kepemimpinan.

Definisi Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Dan Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

Lalu kepemimpinan tidak lagi didasarkan pada bakat seta pengalaman saja akan tetapi dipersiapkan dengan berencana, melatih calon-calon baru. Semua dilakukan dengan perencanaan, percobaan, penelitian, analisis, supervisi serta penggemblengan dengan sistematis untuk membangkitkan sifat-sifat pemimpin yang unggul supaya mereka berhasil dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Pengertian kepemimpinan menurut para ahli

1. Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan ialah kegiatan atau seni yang mempengaruhi orang lain supaya mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang itu untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.

2. Young (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan ialah bentuk domunasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang mampu mendorong atau mengajak ornag lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan mempunyai keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.

3. George R. Terry

Kepemimpinan ialah suatu kegiatan mempengaruhi orang-orang supaya mereka suka berusaha mencapai tujuan-tujuan kelompok.

Dari beberapa definisi tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa ke[emim[inan ialah kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku nawahan atau kelompok, mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, guna mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Macam-macam Kepemimpinan

1. Gaya Kepemimpinan Authoritarian atau Otoriter

Ini ialah gaya pemimpin yang memusatkan semua keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara utuh atau penuh. Semua pambagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahannya hanya melaksanakan tugas yang sudah diberikan.

2. Gaya Kepemimpinan Democratic atau Demokratis

Ini ialah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas pada para bahawan. Setiap ada masalah selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan ini, pemimpin memberikan banyak informasi mengenai tugas dan tanggung jawab para bawahannya.

3. Gaya Kepemimpinan Laissez Faire atau Bebas

Ini ialah gaya kepemimpinan yang pemimpinnya hanya terlihat dalam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

Empat Gaya Kepemimpinan Dari Empat Macam Kepribadian

1. Karismatis

Gaya kepemimpinan karismatis ialah dapat menarik orang. Mereka akan terpesona dengan gaya bicara yang membangkitkan semangat. Umumnya pemimpin dengan gaya kepribadian ini visionaris. Mereka akan sangat menyenangi perubahan dan tantangan.

2. Diplomatis

Kelebih dari gaya ini ialah terdapat pada penempatan perspektifnya. Kebanyakan orang hanya melihat dari satu sisi, yakni dari sisi keuntungan dirinya dan sisanya melihat dari sisi keuntungan lawannya. Hanya pemimpin dnegan kepribadian diplomatis yang dapat melihat dari kedua sisi dengan jelas.

Kepasifan dan kesabaran dari gaya ini ialah kelemahannya. Biasanya mereka sangat sabar menunggu dan sanggup menerima tekanan. Namun kesabaran mereka bisa sangat keterlaluan karena mereka dapat menerima perlakuan yang tidak menyenangkan akan tetapi pengukitnya tidak, karenanya inji yang sering membuat bawahannya pergi.

3. Otoriter

Gaya ini lebih mendapat pencapaian prestasi. Semua halanganyang dihadapi akan dilalui. Saat pemimpin dengan gaya ini sudah memutuskan satu tujuan, itu merupakan harga mati dan tidak ada alasan untuk tidak melakukannya, yang ada hanya hasil. Langkah-langkah yang diambil penuh dengan perhitungan dan sistematis.

Kejam dan dingin ialah kelemahan dari pemimpin dengan kepribadian ini. Mereka akan sangat mementingkan tujuan sehingga tidak pernah peduli dengan cara. Memakan atau dimakan itulah prinsip mereka.

4. Moralis

Pemimpin dengan gaya ini pada umumnya mereka hangat dan sopan pada semua orang. Memiliki empati yang tinggi pada permasalahan para bawahannya, sabar dan murah hati. Semua bentuk kebijakannya ada dalam diri pemimpin. Orang-ornag datang karena kesopanan dan kehangatannya terlepas dari segala kekuranggannya.

Kelemahan dari gaya pemimpin seperti ini ialah emosinya yang tidak stabil. Terkadang Ia bisa terlihat sedih dan menyeramkan dan terkadang Ia bisa tampak bersahabat dan menyenangkan.

Fungsi Kepemimpinan

1. MEmprakarsai struktur organisasi.
2. Menjaga koordinasi dan integrasi dalam organisasi agar semuanya dapat beroprasi dengan efektif.
3. Merumuskan tujuan institusional dan menentukan sarana dan cara yang efisien untuk mencapai tujuan tersebut.
4. Mengatasi pertentangan dan kinflik yang muncul dan mengadakan evaluasi dan evaluasi ulang.
5. Mengadakan revisi, perubahan, inovasi pengembangan dan penyempurnaan dalam organisasi.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Dan Macam-Macam Gaya Kepemimpinan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>