Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli

Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli

Posted on

Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli – Dalam ilmu antropologi yang sudah menjadikan berbagai cara hidup manusia dengan berbagai macam sistem tindakan sebagai objek penelitian dan analisa, aspek belajar itu ialah aspek yang sangat penting. Karenanya dalam hal memberi pembatasan dengan konsep “kebudayaan” atau culture, artinya dalam hal memberikan definisi terhadap konsep “kebudayaan”, ilmu ini sering kali sangat berbeda dengan ilmu lain.

Juga jika kita bandingkan dengan arti yang biasanya diberikan pada konsep itu dalam bahasa sehari-hari, yakni arti yang terbatas pada hal-hal yang indah seperti candi, seni rupa, tari-tarian, seni suara, filsafat dan kesustraan, dalam pengertian dalam ilmu antropologi akan jauh lebih luas baik itu sifat dan ruang lingkupnya.

Menurut ilmu antropologi , kebudayaan ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Kebudayaan berasal dari kata Sansekerta yakni buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi yang artinya “budi” atau “akal”, dengan begitu dapat diartikan kebudayaan ialah hal-hal yang berkaitan dengan akal. Ada seorang sarjana yang mnegupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari majemuk budi-daya yang artinya “daya dari budy” . Karenanya mereka membedakan antara “budaya” dan k”kebudayaan”. Menjadi “budaya” ialah “daya dari budi” yang merupakan cipta, karsa dan rasa. Dan dalam istilah antropologi-budaya perbedaan tersebut ditiadakan. Kata “budaya” dalam hal ini hanya dipakai debagai suatu kata singkatan saja dari kata “kebudayaan” dengan artian yang sama.

Beda antara Kebudayaan dan Peradaban.

Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli

Selain istilah “kebudayaan” ada juga istilah “peradaban”. Yang terahir ialah sama dnegan istilah Inggris civilization yang umumnya dipakai untuk menyebut bagian-nagian serta unsur-unsur dari kebudayaan yang hasul, maju dan indah. Misalnya: kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, oragnisasi kenegaraan, kepandaian menulis dan lian sebagainya. Istilah dari “peradaban” biasanya juga dipakai untuk menyebut suatu kebudayaan yang memiliki sistem teknologi, seni bangunan, ilmu pengetahuan, seni rupa dan sistem kenegaraan serta masyarakat kota yang maju dan kompleks.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Berikut ialah pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli:

1. William H. Haviland

Kebudayaan ialah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat yang bila dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan suatu perilaku yang dipandang layak dan bisa diterima oleh semua masyarakat.

2. Francis Merill

Kebudayaan ialah pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial, semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota pada suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

3. Bounded Et.Al

Kebudayaan ialah sesutau yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol yang tertentu, contohnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat.

4. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan ialah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktifitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang sudah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkan dengan genetikal.

5. Robert H Lowie

Kebudayaan ialah segala sesuatu yang diperoleh oelh individu dari masyarakat yang mencakup kepercayaan, kebiasaan makan, adat istiadat, nprma-norma artistic, keahlian yang diperoleh buka dari kreatifitas dirinya sendiri melainkan dari warisan masa lampau yang didapat dengan pemdidikan formal atau informal.

6. Koentjaraningrat

Kebudayaan ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan serta hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar.

7. Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan ialah buah budi manusia ialah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat yakni zaman dan alam yang merupakan bukti dari kejayaan hidup dan penghidupannya untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tetib dan damai.

8. Parsudi Suparlan

Kebudayaan ialah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan utnuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamannya dan menjadi landasan bagi tingkah laku.

9. Effat al-Syarqawi

Kebudyaan ialah khasanah sejarah suatu bangsa atau masyarakat yang tercermin dalam pengakuan atau kesaksian dan nilai-nilai yakni kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan idel dan artian rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.

10. Drs. Sidi Gazalba

Kebudayaan ialah cara berfikir dan merasa serta menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan waktu.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Kebudayaan Menurut Ilmu Antropologi dan Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>