Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja

Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja

Posted on

Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja – Komitmen ialah sesuatu yang membuat seseorang membulatkan tekad dan hatinya demi mencapai sebuah tujuan, walau Ia belum bisa mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Berusaha dengan keras dan berkorban demi menyelesaikan Tujuannya sekalipun semua orang pergi meninggalkannya.

Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja

Integritas ialah salah satu atribut yang teroenting atau kunci yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas ialah suatu konsep yang berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, ekspektasi dan lain sebagainya yang dihasilkan. Orang yang berintegritas berarti ia memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter yang kuat. Integritas berasal dari bahasa Latin yakni Integer yang artinya:

1. Sikap yang teguh mempertahankan prinsip, tidak korupsi dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai moral.
2. Sifat, mutu atau keadaan yang menunjukan kesatuan yang utuh sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Dalam bukunya yang berjudul”Winning” Jack Welch menyatakan, Integritas ialah sepatah kata kabur atau tidak jelas. Orang-orang yang memounyai integritas mengatakan kebenaran dan orang-orang itu memegang kata-kata mereka. Mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka di masa lalu, mengakui semua kesalahan mereka dan mengkoreksinya. Mereka mengetahui hukum yang berlaku di negara mereka, industri mereka dan perusahaan mereka, baik itu yang tersirat maupun yang tersurat dan mereka mentaatinya. Mereka bermain untuk menang dengan benar atau bersih, seturut dengan peraturan yang berlaku. Berbagai survey dan studi kasus sudah mengidentifikasikan integritas atau kejujuran sebagai suatu karakteristtik pribadi yang paling dihasrati dalam diri seorang pemimpin.

Presiden dari Reflections Ministries, Atlanda, Dr. Kenneth Boa menggambarkan integritas sebagai lawan langsung dari kemunafikan. Beluai mengatakan bahwa orang yang munafik tidaklah qualified untuk membimbing orang lain untuk mencapai karaktr yang lebih tinggi. Tidak akan ada satu orang pun yang akan menaruh respek pada seorang pribadi yang berbicara tentang permainan yang baik, Akan tetapi dirinya sendiri gagal untuk bermain seturut dengan peraturan pemainan yang ada. pa yang dilakukan seorang pemimpin akan mempunyai dampak yang lebih besar atas mereka yang dipimpinnya dari pada apa yang dikatakannya. Seorang dapat lupa 90% dari apa yang dikatakan oleh pemimpinnya, akan tetapi tidak akan melupakan bagaimana pemimpin itu hidup.

Jika kita berbicara tentang integritas pada hari ini, kita akan mengacu pada term-term yang berhubungan dengan etika, moralitas, keontetikan, komitmen, akan tetapi yang kita butuhkan ialah suatu pemahaman yang jelas tentang konsep integritas. Integritas ini berhubungan dengan keutuhan dan nurani seorang secara pribadi, kualitas karena benar terhadap diri sendiri.

Integritas dibutuhkan oleh semua orang, siapa saja pasti butuh, tidak hanya seorang pemimpin akan tetapi juga oleh yang dipimpin. Setiap orang menginginkan jaminan bahwa pemimpin mereka dapat dipercaya apabila mereka harus menjadi pengikut-pengikutnya. Mereka akan merasa yakin bahwa sang pemimpin akan memperhatikan kepentingan setiap anggota tim dan sang pemimpin harus menaruh kepercayaan bahwa para anggota timnya telah melakukan tugas dan tanggung jawab meeka. Pemimpin danyang dipimpin sama-sama ingin mengetahui bahwa meeka akan menepati janji dan tidak pernah luntur dalam komitmennya.

Orang yang hidup dengan integritas, Ia tidak akan mau dan mamou untuk mematahkan kepercayaan diri mereka yang menaruh kepercayaan pada dirinya. Mereka akan senantiasa memilih yang benar dan berpihak pada kebenaran. Ini ialah tanda dari integritas seseorang, dengan mengatakan kebenaran dengan bertanggung jawab abhkan ketika merasa tidak enak untuk mengatakannya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Definisi Integritas Dan Komitmen Dalam Bekerja, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>