Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi

Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi – Surat pribadi ialah surat yang ditulis oleh seseurang yang ditujukan pada seseorang tanpa ada sangkut pautnya dengan suatu instansi, organisasi atau yang liannya, surat ini murni dari seorang untuk seorang lainnya secara personal. Contohnya surat untuk teman, orang tua atau guru.

Ini dari pribadi hanya berkaitan dengan persoalan pribadi, seperti surat yang berisikan nasihat dari orang tua, rasa rindu dari seorang sahabat, ungkapan dari ang kekasih dan lain sebagainya.

Jika kita lihat dari cara penulisannya, surat pribadi sangat bebanding terbalik dengan surat resmi atau surat dinas, ini karena dalam surat pribadi tidak ada aturan baku dalam menulis surat tersebut, baik dari format surat, bahasa yang di gunakan dan lain sebagainya, bahkan surat ini sah walalu menggunakan bahasa Indonesia yang tidak formal atau menggunakan bahasa daerah, seperti bahasa Lampung, Jawa, Sunda, Medan dan lain sebagainya.

Cara Menulis Surat Pribadi

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa surat pribadi ialah suart yang di kirimkan oleh dan untuk pribadi dan isi dari surat juga tentang persoalan pribadi sehingga kesannya jauh dari sifat atau kesan formal maka dalam penulian surat terserah anda, apa yang ingin anda tulis dan sampikan silahkan anda tulis dan sampaikan dengan bahasa anda tanpa ada aturan yang mengikat. Akan tetapi ada baiknya kita mneggunakan bahasa yang sopan dan santun dalam menulis surat.

Etika seperti ini sebenarnya bukan aturan dalam menulis surat akan tetapi aturan ini ialah aturan moral dan prilaku pada orang lain yang lebih tua bahkan pada sebaya atau lebih muda karena dengan saling menghormati maka akan tercipta suasana yang nyaman, begitu juga jika anda mengirimkan surat pada kekasih anda atau teman anda walau gaya bahasa yang anda pakai ialah gaya bahasa non formal namun harus tetap santun dan sopan.

Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi

Umumnya surat pribadi terdiri dari:

1. Kepala surat: yakni berisi tujuan dan alamat surat.
2. Pembukaan: yakni berisi tentang salam, kalimat sapa dan kalimat-kalimat lain yang memberikan kesan akrab dan lebih komunikatif sehingga akan seolah berbicara langsung dengan yang dikirimi surat.
3. Isi surat: yakni berisi tentang apa yang ingin disampaikan:
4. Penutup: yakni berisi kalimat salam dan kalimat-kalimat lain sebagai kata perpisahan.
5. Ini berisi nama pengirim, biasanya dibubuhi dengan tanda tangan atau salam dari sang pengirim surat.

Contoh Surat Pribadi

Untuk
Sahabat Tersayang (Humairah Cantika Putri)
Di. Semarang

Assalamu’alaikum sahabat ku Humairah

Bagaimana kabarmu di sana, semoga kamu baik-baik disana dan selalu sehat, makin cantik dan somoga tidak bertambah gemuk ya hehehe, aku selalu mendoakanmu yang baik-baik.

Aku di Bangka baik-baik saja, berat badan ku juga bertambah hahaha dan yang pasti aku disini tambah cantik hahaha agak sedikit coklat eksotis kulit ku, karena setiap hari aku berkeliling mencari spot yang bagus untuk foto dan blog ku, tapi itu semua mengasikan umai, bisa tau banyak tempat dan kenal banyak orang.

Kapan kamu main kesini umai, kalau kamu kesini nanti aku ajak kamu keliling Bangka sampe kamu kurus hahaha. oh ia umai sebenarnya aku mengirim surat ini untuk kasih kamu kabar yang sangat baik dan pasti kamu bakal loncat” kegirangan. Bulan depan aku mau menikah umai aaaaaaaa aku lompat-lompat pas nulis ini umai, aku gak sabar nunggu kamu datang. Pokoknya kamu harus datang, Insyaallah aku menikah tanggal 24 Agustus 2016, kamu boleh bawa teman yang disana sebanyak mungkin, pokoknya ajak semua teman kamu ya.

Sebenarnya masih banyak yang mau aku critain ke kamu tapi nanti gak asik kalau semuanya aku critain sekarang, nanti aja disambung critanya kalau kamu sudah sampai kesini yaaa hehehe. satu lagi umai, aku bikin baju untuk kamu nanti hadir di acara ku, kirimkan ukuran badan kamu ya terus jangan sampe tambah melar kamu nanti bajunya sempit gak nyaman kamu pakainya, gak mungkin kan nanti kamu nahan peruta pas acara ku, bisa sakit nanti, jga terus kesehatanmu disana umai, sampai bertemu nanti umai cantik.

Sahabat Cantikmu

Azahra Anggun Ramadhani

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Pribadi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>