Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Usaha – Surat keterangan usaha umumnya dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan dokumen jika kita ingin mengajukan kredit atau pinjaman bank atau lembaga keuangan lain, contohnya untuk keperluan mengembangkan usaha.

Mungkin anda telah mngetahui surat keteranagn usaha atau SKU ialah surat yang dibuat oleh aparat yang berwenang dalam hal ini ialah Kelurahan atau Kepala Desa, yang menerangkan bahwa orang yang namanya tertera dalam surat ialah benar merupakan pendudk di RT dan RW yang berada dalam kelurahan tersebur dan benar mempunyai usaha yang disebutkan dalam surat.

Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Tata Cara Pembuatan Surat Keteranagn Usaha Atau SKU

Dokumen-dokumen yang harus anda siapkan sebelum membuat Surat Keterangan Usaha ialah:

1. Surat pengantar RT / RW
2. KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (asli dan fotocopy)
3. KK atau Kartu Keluarga (fotocopy)
4. Surat permohonan atau pernyataan

Setelah semua dokumen yang menjadi perysaratan siap, anda tinggal mengikuti langkah berikut:

1. Membuat Surat Pengantar RT/RW

Jika anda belum mengetahui cara untuk membuat surat pengantar Rt/RW untuk membuat SKU, langkahnya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk mendatangi Pengurus RT, biasanya kita dapat menemuiu Sekretaris atau Ketua RT langsung dan mengutarakan maksud anda yakni untuk dibuatkan surat pengantar RT/RW untuk membuat surat keterangan usaha atau SKU. ANda hanya perlu membawa Kartu Keluarga asli dan KTP asli.

Selanjutnya pengurus RT akan membuatkan surat pengantar untuk membuat SKU atau biasanya di beberapa tempat di sebut dengan surat keterangan domisili sebagai bukji jika anda ialah benar tinggal di lingkungan tersebut. Surat penganjar yang sudah selesai akan ditanda tangani oleh Ketua RT lalu di sahkan oleh Ketua RW.

2. Datang Ke Kantor Keluarahan atau Kepala Desa

Setelah suart penganatr RT/RW selesai, satukan dengan berkas lainnya untuk di bawa ke kantor keluaraha atau kepla desa. Lalu anda akan diinta untuk mengisi formulir pembuatan SUrat Keterangan USha atau SKU. Silahkan anda isi formulir tersebut dengan lengkap dan jelas. kemudia serahkan semua berkas persyaratan serta formulir tersebut kepada petugas yang bertanggung jawab, dan anda tinggal menunggu SKU selesai dibuat. Untuk lama waktu yang diperlukan untuk membuat SKU tergantung dari masing-masing desa atau keluarahan, anda bisa menanyakannya langung pada petugas kantor.

3. Datang ke Kantor Kecamatan

Setelah SKU atau SUrat Keterangan USha jadi dan telah ditanda tangani oleh kepala desa atau lurah, selanjutnya silahkan anda bawa surat tersebut ke kantor kecamata, kemudia SKU anda akan di tanda tangani oleh Camat dan disahkan dengan stempel Kecamatan, sama dengan di KAnotr Kelurahan. Surat Keterangan Ushaa memiliki tanggal masa berlaku satu tahun sejak diterbitkan.

Contoh Surat Keterangan Usaha atau SKU

(Kop Surat Kepala Desa)

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor:………..

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa (nama desa), Kecamatan (nama kecamatan), Kabupaten (nama kabupaten), dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : …………
No. KTP : ………….
Jenis Kelamin : ………….
Tempat/Tgl. Lahir : ………………
Agama : ………..
Pekerjaan : …………
Alamat : ………….

Adalah benar penduduk yang berdomisili di Desa ………., Kecamatan ……….., Kabupaten ……………

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha …………. (jenis usaha anda) dengan nama ………. (nama usha anda) di wilayah Desa …………

Adapun Surat Keterangan ini dibuat untuk kelengkapan persyaratan (jenis keperluan, contohnya Pengajuan Kredit ke Bank).

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan bagi instansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.

Dikeluarkan di : ……….
Pada tanggal : …………….

Kepala Desa ……. (nama desa)
Kecamatan ………., (Nama Kotamadya/Kabupaten)

(Nama Kepala Desa)

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Keterangan Usaha, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>