Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan – Di negara kita ini banyak sekali jenis makanan yang berasal dari masing-masing suku, terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku (menurut data BPS pada tahun 2010). Bisa kita bayangkan sebanyak itu mempunyai makanan khasnya masing-masing. Sungguh kaya negara kita ini.

Dan hal itu merupakan sebuah peluang bagi orang-orang yang jeli dalam melihat peluang. Peluang untuk membuka usaha makanan masih terbuka sangat lebar, yang perlu kita lakukan hanya memberikan sedikit inovasi supaya usaha makanan yang kita jalankan dapat bersaing dengan usaha makanan yang sudah ada dalam dunia bisnis ini.

Untuk para pemula, umumnya membutuhkan contoh proposal untuk usaha makanannya sebagai jalan untuk mendapatkan kucuran dana dari investor. Sebagai referensi kami akan memberikan contoh dari proposal usaha makanan, apa saja yang dapat anda jalankan, makanan apa saja yang dapat anda jual dengan berbagai inovasinya. Contohnya anda dapat membuat usaha makanan yang terfokus pada bakso, makakan ringan atau roti bakar.

Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Contoh Proposal Usaha Makanan Bakso

A. Latar Belakang

Di dunia ini pasti semua orang ingin kehidupan yang baik dan layak tanpa harus di perintah oleh orang lain. Menginginkan kehidupan yang tenang dan mendapatkan hasil yang lumayan. cara satu-satunya agar hidup kita nyaman dan tidak menjadi bawahan melainkan menjadi seorang bos ialah dengan berwirausaha. Kebanyakan orang-orang Indonesia berfikiran sempit dengan hidupnya, dengan senang hati tidak ingin keluar dari zona nyamannya untuk membangun mimpi yang lebih baik dan memulai untuk menjadi pengusaha. Mereka berfikiran bahwa menjadi pengusaha ialah pekerjaan yang kurang bergengsi dibanding dengan pekerjaan lain yang banyak diidamkan oleh orang-orang, seperti staff di kantor terkenal, sekretaris dan lain sebagainya yang mengharuskan pelakunya untuk tampil tidak apa adanya, dituntut untuk selalu mengerjakan semuanya dengan cepat, diperintah ini itu oleh orang lain. Karena diiming-imingi gaji yang besar banyak dari mereka yang menuruti saja apa pekerjaan yang diberikan.

Namun akhir-akhir ini banyak anak muda yang mulai merubah cara berfikirnya, mereka sudah mulai terbuka dengan wirausaha. Dengan banyaknya seminar dan pelatihan yang membahas tentang kewirausahaan. Banyak dari mereka yang semangat untuk mulai menjadi pengusaha. Sangat banyak peluang yang dapat kita lakuakan, seperti usaha tempat makan bakso. Ini merupakan makan yang banyak diminati oleh banyak orang, bahkan hampir semua orang suka dengan rasa nikmat dari bulatan daging sapi yang kenyal saat masuk ke mulut. Kita dapat dengan mudah menemui penjual bakso, dari kota besar sampai desa kita pasti dapat dengan mudah menemui tukang bakso. Dan ini merupakan sebuah peluang besar yangdapat kita menfaatkan dan cukup menjanjikan untuk dijalankan.

B. Tujuan Usaha

1. Mendapatkan penghasilan dari usaha bakso.
2. Memberikan bakso yang berkualitas, higenis dan lezat.
3. Menciptakan sebuah lapangan kerja yang baru.
4. Membuat sebuah tempat untuk saling bekerja sama.

C. Nama Usaha

Usaha yang akan dibangun ialah warung bakso dan semua hal yang berhubungan dengan bakso. Selain bakso kami juga akan menjual berbagai minuman, seperti minuman kemasan, jus buah, cemilan atau makanan ringan dan lain sebagainya. kami akan terus melakukan perbaikan dan inovasi-inovasi baru. Nama dari warung bakso yang akan dibangun ialah “BAKSO NIKMAT”.

D. Temapat Usaha

Setelah kami melakukan survey ke beberapa tempat yang dapat dijadikan tempat usaha kami, maka tempat yag kami pilih ialah di Jalan Ramai Padat dengan Kampus Pemuda Sukses. Di jalan ini jika kita buka usaha dinilai sangat strategis dan cocok, itu karena di jalan ini sangat ramai di lalui oleh orang-orang terutama mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah di kampus tersebut. Di dekat jalan tersebut juga terdapat kos-kosan, minimarket dan tempat wisata serta perumahan yang ramai.

E. Waktu Operasional

Waktu dan ajm operasinal warung bakso ini mulai pukul 10 pagi sampai 21.00 atau 9 malam. Waktu ini fleksibel, dapat di sesuaikan dengan keadaan penjaga warung dan lingkungan sekitar.

F. Anggaran Dana

Rencana anggaran warung bakso kurang lebih Rp. 25.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

Rencana Anggaran Bakso Nikmat

Katerangan Jumlah

Sewa tempat 1 tahun 9.000.000
Kursi 6 unit x 50.000 1.200.000
Meja 6 unit x 250.000 1.500.000
Etalase Besar 1.000.000
Etalse Kecil 700.000
Kipas angin 3 unit x 150.000 450.000
Modal bahan makanan 1 bulan x 250.000/hari 6.000.000
Karyawan 1 orang 250.000/bulan 250.000
Promosi 300.000
Alat masak 500.000
Listrik, air dan pulsa 1 bulan 600.000
Lain-lain 3.000.000
TOtal 25.000.000

Prinsip yang dipakai dalam usaha ini ialah prosentasi yang proporsional untuk dana yang dianggarkan demi terus bertumbuhnya usaha yang kami jalankan. Untuk pelaksanaan operasional persenannya bisa berubah sewaktu-waktu karena mengikuti kondisi usaha, jika masih mengalami kerugian dalam bulan pertama buka usaha, BEP, ada penambahan biaya operasional dan lain sebagainya. Kerjasama pada perjanjian ini bersifat mengikat dan fleksibel dapat berubah sewaktu-waktu dengan musyawarah secara kekeluargaan.

G. Penutup

Dari hasil pembahasan proposal, dapat disimpulkan bahwa usaha makanan bakso ini dari segi gagasan, target pasar sampai dengan rencana keuangan mempunyia prospek yang sangat baik untuk kedepannya.

Semua yang baru merintispasti tidak akan berjalan dengan mulus, satu saat nanti pasti ada tantang dan halangan yang harus dihadapi. Tantangan yang besar dalam bidang makanan biasanya ialah promosi dan sosialisasi pada konsumen bahwa usaha makanan yang dijalankan patut untuk di pertahankan. Karenanya maka target pasar dari usaha ini ialah orang-orang yang ingin praktis membeli bakso tanpa harus membuatnya sendiri yang memerlukan tenaga dan fikiran.

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>