Contoh dan Cara Membuat Proposal Sponsorship

Contoh dan Cara Membuat Proposal Sponsorship

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal Sponsorship – Untuk melaksanakan suatu kegiatan atau usaha sering kali kita membutuhkan dana untuk berlangsungnya kegiatan tersebut. Walau begitu, tidak jarang pihak penyelenggara tidak memiliki cukup dana untuk membiayai semua kegiatan. untuk menangani masalah tersebut maka pihak pelaksana biasanya meminta bantuan dari pihak lain, baik itu bersifat perorangan, instansi pemerintah ataupun swasta. Pihak yang memberi bantuan tersebut disebut sebagai donatur dan sponsor.

Donatur ialah pihak yang memberikan bantuan dengan cuma-cuma tanpa ada kerja sama yang tertulis diatas kertas apapun tanpa ada timbal balik. Umumnya donatur berpedoman bahwa kagiatan yang dilaksanakan ialah kegiatan yang bersifat baik sehingga patut untuk didukung dan dengan kerelaan hati memberi bantuan. Dan sponsor akan memberikan bantuan dengan bentuk kerja sama yang kaitannya dengan promosi atau marketing suatu produk. Sehingga saat kegiatan berlangsung maka kita akan melihat adanya logo perusahaan, bendera atau banner bahkan ada penjualan dari produk tertentu.

Proposal kegiatan nantinya digunakan untuk meminta dana dari donatur atau sponsor tertentu akan mempunyai format yang berbeda. Itu karena sebagai pihak penyelenggara ingin mendapatkan dana dri pihak yang dimintai bentuan, maka harus mendapatkan kepercayaan atau proyek yang disajikan harus mutlak. Disarankan harus memahami betul bagaimana cara untuk membuat proposal kegiatan untuk donatur maupun proposal sponsorship untuk pihak perusahaan.

Contoh dan Cara Membuat Proposal Sponsorship

Pada artikel ini kita akan membahas secara khusus tentang proposal sponsorship yang akan saya sajikan dalam bentuk contoh yang dapat anda download.

Cara Membuat Proposal Sponsorship

1. Gunakan bahasa yang jelas, lugas dan baku. Jangan menggunakan bahasa yang rumit karena bisa jadi bukan hanya kita yang mengajukan proposal melainkan masih banyak pihak lian yang mengajukan, Karena itu jangan sampai proposal yang anda buat hanya kan menjadi sampah karena pihak yang dituju malas untuk membaca.

2. Tunjukan keunggulan dari kegiatan yang akan berlangsung karena setiap nsponsor ingin produknya bisa terjual atau minimal dikenal oleh masyarakat sehingga mereka dapat mempertimbangkan jumlah penonton atau pengunjung. Silahkan anda kenlai terlebih dahulu siapa saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan seberapa luas cakupan dari kegiatan tersebut, karena semakin banyak pengunjung maka semain besar kemungkinan proposal itu diterima.

3. Tentukan bentuk kerjasamanya. Ada beberapa sponsor yang mengharuskan penyelenggara untuk menjual produk dalam jumlah tertentu dan imbalannya akan mendanai kegiatan. Dan yang satunya lagi sponsor akan mebantu promosi dengan memasang spanduk, banner dan lainnya sebagai bahan promosi. Umumnya model ini tidak terlalu besar dibanding dengan penjualan produk, tinggal anda yang harus pintar menentukan kerjasama yang ingin anda tawarkan.

4. jangan terlalu muluk. Kesalahan yang sering terjadi ialah terlalu memberi ahrapan pada pihak sponsor dalam meyakinkan calon sponsor. Dengan perhitungan dana sekian bisa mendatangkan partisifapn sekain banyak dan sebenarnya nagka tersebut tidak atau sangat sulit untuk dicapai. Jika anda ingin semua kegiatan berjalan dengan lancar maka buatlah sponsor tersebut puas dengan kerja anda karena bagaimanapun pihak sponsor tidak memberikan bantuan dnegan gratis.

Format Proposal Permohonan Sponsor

1. Halaman Judul / Cover

2. Latar belakang
Ialah alasan “mengapa” atau “alasan pentingnya” kegiatan tersebut dilaksanakan. Dalam penyusunannya biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan isi dan penutup yang tersusun didalam satu teks. Adapun model penulisan menggunakan umum ke khusus yakni menyajikan data umum secara global lalu mengarah kepada pandangan khusus yang berkaitan erat dengan kegiatan tersebut.

3. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan adalah berisi “untuk apa” kegiatan tersebut dilaksanakan. Berbeda dengan latar belakang, tujuan kegiatan lebih spesifik dan dapat ditulis secara berurutan.

– Nama dan Tema Kegiatan

Nama Kegiatan ialah gambaran umum dari kegaitan sementara tema kegiatan adalah arah tujuan nama tersebut contoh :

Nama Kegiatan : ……………….
Tema Kegiatan : ……………….

4. Bentuk Kegiatan
Kegiatan apa saja yang akan diselenggarakan:
1. ……….
2. ……….
3. ……….

5. Peserta
Ialah prediksi atau perkiraan peserta yang akan mengikuti acara tersebut atau yang akan mengunjungi kegiatan tersebut baik sebagai peserta maupun pengunjung.

6. Penyelenggara
Penyelenggara ialah pihak pelaksana kegiatan tersebut. Sertakan juga kontak yang ada.

7. Jadwal dan lokasi kegiatan

8. Susunan Kegiatan

9. Susunan Panitia

10. Rencana Anggaran

11. Penutup

12. Penutup berisi tentang kesimpulan serta ucapan terimakasih untuk calon sponsor.

13. Penawaran Kerjasama

Dalam menawarkan kerja sama, dapat kita bagi menjadi beberapa jenis sponsor yakni:

1. Sponsor Tunggal yakni sponsor yang menjadi satu satunya pihak yang membiayai 100% kegiatan.

2. Sponsor Non Tunggal bisa terdiri dari:

– Sponsor Utama yakni sponsor yang memberikan kontribusi terbesar untuk pendanaan.

– Sponsor Madya yakni Sponsor yang memberikan dana lebih kecil dari sponsor utama.

– Sponsor Partisipan yakni Sponsor yang memberikan bantuan dana terkecil.

Contoh Proposal Sponsorship

Silahkan Download Contoh Proposal Sponsorship

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal Sponsorship, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>