Contoh dan Cara Membuat Proposal Skripsi

Contoh dan Cara Membuat Proposal Skripsi

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal Skripsi – Saat pertama masuk kuliah ada baiknya untuk kita belajar tentang proposal skripsi. Kita bisa belajar tentang proposal skripsi dengan membaca contoh-contoh yang sudah ada di perpustakaan kampus.

Apa itu ptoposal skripsi ? proposal skripsi ialah laporan usulan penlelitian tugas akhir mahasiswa, dalam penulisan proposal skripsi pada setiap kampus akan berbeda cara karena setiap kampus mempunyai ciri khas dan untuk mencegah plagiat.

Contoh dan Cara Membuat Proposal Skripsi

Dilihat dari bentuknya, proposal skripsi dibagi dalam dua bagian yakni proposal skripsi mini dan proposal skripsi penuh.

1. Proposal Skripsi Mini

Ini adalah bentuk proposal yang terdiri dari tiga bab skripsi yang menjadi satu bab, jenis ini mempunyai kelemahan yakni lamanya waktu penulisan karena setelah kita mengajukan proposal penelitian maka kita harus mengerjakan bab-bab pada skripsi dengan terpisah.

2. Proposal Skripsi Penuh

Ini ialah bentuk proposal dengan susunan dalam bentuk bab, sistem penulisan par bab mulai dari bab 1, 2, 3 dan seterusnya hingga daftar pustaka.

Keuntungan dengan menulis proposal jenis ini ialah penyusunan yang semakin singkat karena bab yang ada pada proposal skripsi akan dijadikan sebagai bab dalam skripsi nanti.

Namun dalam skripsi akan banyak revisi dan perubahan yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Kelemahan dalam proposal jenis ini jika uji proposal gagal maka kita harus mengajukan proposal yang lain dan mengikuti seminar susulan.

Sistematika dan Contoh Penulisan Proposal Skripsi

Sistematika penulisan proposal skripsi di setiap kampus berbeda-beda, dibawah ini ialah sistematika yang sering digunakan oleh berbagai kampus:

COVER

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Bag. Ladasan Teori
2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.2 Teknik Pengumpulan Data
3.3 Teknik Analisis Data
3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Terdapat beberapa langkah dalam menyusun sebuah laporan skripsi, diantaranya:

1. Yang harus dilakukan sebelum membuat proposal penelitian ialah mencari ide penelitian, apa yang akan di teliti dan menjadi pembahasan dalam skripsi. Usahakan dalam pencarian ide penelitian harus dilakukan jauh-jauh dipikirkan sejak semester-semester awal.

2. Mencari referensi atau study literatur sebanyak-banyaknya untuk mendukung penelitian nantinya. Bahan-bahan referensi dapat berupa buku, jurnal, maupun media elektronik, usahakan literature yang Anda cari sesuai atau berhubungan dengan penelitian yang akan diajukan nanti.

3. Tentukan terlebih dulu rumusan masalah berupa latar belakang masalah beserta masalah, ini nantinya akan menjadi latar belakang masalah dan rumusan masalah pada BAB 1 pendahuluan.

4. Buatlah tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan diagram alir.

5. Setelah menyusun tahapan-tahapan penelitian, selanjutnya menyusun metode penelitian untuk memecahkan rumusan masalah yang telah dibuat beserta batasannya.

6. Jika rumusan masalan dan metode penelitian sudah berhasil dibuat, maka buat juga judul skripsi yang akan diajukan. Judul skripsi harus sesuai dengan permasalahan yang diteliti, disarankan dalam membuat judul jangan terlalu luas dan juga jangan terlalu sempit. hal tersebut supaya nantinya judul tidak menjadi penghambat penyusunan skripsi Anda.

7. Setelah memecahkan rumusan masalah dan menghasilkan judul, susunlah BAB 1 dengan benar mulai dari latar belakang sampai tujuan penelitian. Kemudian, pembuatan tinjauan pustaka. Dalam tinjauan pustaka masukan teori-teori yang mendukung penelitian, dan nantinya sumber-sumber teori tersebut dimasukan kedalam daftar pustaka.

8. Kemudian lengkapi draft-draft bab yang telah dibuat. Agar proses pembuatan proposal skripsi sesuai yang diharapkan usahakan untuk selalu berdiskusi dengan dosen pembimbing anda untuk kelancaran skripsi Anda.

Contoh Proposal Skripsi

Berikut ini contoh Proposal Skripsi Bahasa Indonesia 

*silahkan klik link untuk mendownload contoh Proposal Skripsi

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal Skripsi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>