Contoh dan Cara Membuat Proposal PKM

Contoh dan Cara Membuat Proposal PKM

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal PKM – Dalam membuat PKM anda dapat membuatnya dengan baik dan benar sehingga PKM anda akan dinyatakan bagus oleh dosen pembimbing, karena itulah dalam membuat makalah yang satu ini banyak sekali para mahasiswa yang mencari. Pembuatan PKM sama dengan membuat skripsi yang juga banyak dicari.

Dalam membuat PKM terdapat beberapa langkah dan tips yang dapat digunakan sebagai panduan dan nantinya Program Kreativitas Mahasiswa lebih baik dari sebelumnya. Tips yang perlu anda perhatikan sebagai berikut:

PKM ialah program yang bertujuan untuk mempraktekan kemampuan, keahlian, sikap, kerja tim dan tanggung jawab para mahasiswa dalam bidang masing-masing. Memberikan peluang pada mahasiswa untuk mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif. Menyiapkan para mahasiswa supaya mampu menyelesaikan persoalan dengan mandiri dan bijaksana.

Contoh Kegiatan PKM berdasarkan jenis kegiatan:

1. PKPM atau Program Krativitas Mahasiswa Penelitian
2. PKMT atau Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi
3. PKMK atau Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
4. PKMM atau Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat
5. PKMI atau Program Kreativitas Mahasiswa Penulisan Ilmiah

Tips Membuat proposal PKM

Contoh dan Cara Membuat Proposal PKM

1. Anda harus terlebih dahulu memiliki Pedoman PKM. Setelah itu tentukan jenis PKM yang ingin anda buat, apakah itu PKMP, PKMT, PKMK atau PKMM.

2. Setelah menentukan jenis PKM selanjutnya tentukan ide atau gagasan yang ingin anda buat. Contohnya mengenai cetak foto.

3. Setelah itu kita cari informasi atau bahan atau apa saja yang mendukung dan yang dibutuhkan untuk cetak foto.

4. Minta contoh Proposal PKMK yang sudah lolos didanai DIKTI, bisa dari kakak tingkat atau dari teman anda (Ingat jika anda baru pertamakali membuat, langkah ini sangat penting supaya anda punya sedikit gambaran tentang cara membuat proposal. Tapi jika anda bukan pemula, anda boleh saja langsung membuat tanpa harus CTM atau Contoh Tiru Modifikasi.

5. Cari dosen pebimbing dan anggota (harus ada 1 anggota yang beda angkatan) lalu kita coba membuat proposal PKMK, tentu saja dengan berpedoman pada Pedoman PKM dan kita buat sesuai dengan informasi atau bahan yang kita cari tadi (yang satu ini bersifat relatif jadi disesuaikan dengan kondisi terkini).

6. Jika mengalami kesulitan dalam membuat proposal misal di metode atau latar belakang atau rancangan dana atau apa, anda jangan sekali-kali berhenti karena akan membuat semangat anda menurun, lebih baik dilewati dan mencoba membuat bab atau sub bab lainnya.

7. Konsultasikan kepada pebimbing

8. Lengakapi isi proposal dan konsultasikan kepada pebimbing

9. Edit kembali dan lakukan pengecakan ulang. ini bertujuan untuk mengantisipasi ada yang salah ketik atau yang masih kurang.

Contoh Proposal PKM

Silahkan Klik Link untuk melihat dan medownload contoh

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal PKM, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>