Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis

Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis – Untuk membangun suatu bisnis atau usaha baik itu usha rumahan ataupun usaha bersekla besar pasti kita membutuhkan modal. Baik itu modal awal ataupun modal untuk pengembangan bisnis kita. Kita tidak dapat memungkiri bahwa modal ialah faktor pendukung yang sangat utama akan tetapi modal bisa menjadi kekuatan yang paling utama dalam mendongkrak bisnis kita supaya lebih berkembang.

Saat kita ingin mendapatkan modal akan tetapi terkendala dengan peraturan dari bank atau merasa takut untuk meminjam kredit bank atau dengan penjaman lain maka cara yang paling baik yang dapat anda lakukan ialah dengan melakukan kerja sama dengan investor. Namun utnuk menjalin krja sama kita perlu untuk mempersiapkan sebuah proposal usaha atau bisnis untuk mencari modal dengan cara investasi.

Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis

Walau begitu, kendala yang paling sering terjadi ialah ketidaktahuan tentang bagaimana cara untuk membuat proposal yang baik dan benar, kendala ini bukan hanya terjadi pada mereka yang kurang beruntung dengan tidak mendapatkan pendidikan tinggi namun mereka yang sudah mendapatkan pengalaman dibangku sekolah mengaku merasa sulit untuk membuat sebuah proposal usaha. Dan dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara dan contoh proposal bisnis yang baik dan benar.

Untus-Unsur Dalam Proposal Usaha

1. BAB pendahuluan

Bab ini berisi perkenalan dimana anda menguraikan latar belakang usaha kita, visi dan misi dari bisnis kita dan gambaran usaha yang ingin kita jalankan termasuk bagaimana keadaan pasar saat ini.

2. Profil Badan Usaha

– Jenis Usaha

Kita uraikan mengenai jenis usaha yang ingin kita jalankan dengan singkat, kita bisa menjelaskan dengan bentuk list atau dnegan uraian singkat selanjutnya kita uraikan dnegan singkat mengenai model bisnis yang akan kita bangun.

– nama Perusahaan

Nama perusahaan ialah brand yang akan sangat diingat oleh para pelanggan kita, maka dari itu nama dari perusahaan harus ditulis dalam proposal.

– Lokasi

Ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis kita yakni mengenai pemilihan lokasi terlebih jika kita menjual barang dengan langsung maka pemilihan lokasi sangat mutlak dan harus sangat anda perhatikan, silahkan tulis lokasi dimana perusahaan kita akan dibangun kemudian buat denah atau peta. Saat ini kita bisa menggunakan Google Maps yang akan memudahkan kita dalam membuat denah lokasi dan kita dapat memanfaatkan layanan Google Bisnis.

3. Strukutr Organisasi Perusahaan

Setia perusahaan pasti memiliki struktur organisasi masing-masing, silahkan kita cantumkan siapa saja yang berperan dalam perusahaan tersebut.

4. Prosuk Perusahaan

– Jenis Produk

Produk aialh nyawa dalam bisnis kita, bila kita tidak mempunyai produk amak kita tidak bisa menjalankan bisnis.

– Pembuatan Produk

Silahkan kita jelaskan bagaimana cara pembuatan produk kita.

– Keunggulan Produk

Silahkan kita sebutkan keunggulan dari produk yang kita buat sehingga akan menjadi nilai plus bagi produk anda.

5. target Pasar

Ini sebagia tambahan silahkan kita menyebutkan target pasar kita. Siapa saja dan kisaran umur berapa serta kalangan manaj saja yang akan menjadi target pasar dari produk kita.

6. Promosi dan Pemasaran

Jelaskan mengenai strategi pemasaran yang akan kita lakukan dan cara promosinya.

7. Laporan Keuangan

– Alokasi Dana

Ini ialah rancangan kebutuhan dana dan pengeluaran dana yang akan kita gunakan untuk usaha anda.

– Perhitungan Keuntungan

Silahkan buat semua perhitungan dengan logis dan realistis tentang keuangan kita, target untung rugi, ancaman, resiko dan lain sebagainya.

– Perhitungan Bgai Hasil

Setelah semuanya selesai, kita tinggal menentukan rasio bagi hasil yang akan kita tetapkan, bagaimana mentukan rasio tergantung dari resiko bisnis, semakin kecil resiko maka akan semakin juga pendapatan yang akan diberikan pada investor dan begitu sebaliknya.

8. Penutup

Ini berisi kata-kata terahir kita untuk meyakinkan investor, mengetuk hatinya supaya tertarik dan doa serta harapan kita atas proposal kita, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesediaannya untuk membaca proposal kita.

9. Lampiran

Berisi mengenai

– Biodata Pemilik bisnis
– Surat perjanjian
– Surat Ijin Usaha
– Sertivikat usaha atau pelatihan

Contoh Proposal Bisnis

Isi dari proposal bisnis sama dnegan proposal-proposal usaha yang lainnya. Kita dapat melihat contoh-contoh proposal usaha pada artikel-artikel yang sudah ada pada artikel sebalumnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal Bisnis, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>