Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia Dalam Mengusir Penjajah

Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia Dalam Mengusir Penjajah

Posted on

Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia Dalam Mengusir Penjajah – Arti Proklamasi bagi bangsa dalam mengusir penjajah sanngatlah penting. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan menjadi titik balik bagi kehidupan bangsa Indonesia. Peristiwa ini sangat penting karena mengawali perjuangan Indonesia bukan lagi melawan penjajahan namun mempertahankan kemerdekaan yang sudah direbut dengan susah payah dan penuh perjuangan.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

1. Pundak Perjuangan Bangsa Indonesia

Negara kita sudah berjuang dengan sangat keras, mulai dari kedatangan Penjajah dari Belanda sampai Penjajah dari Jepang hingga akhirnya saat proklamasi perjuangan kemerdekaan telah sampai puncaknya, semua rakyat dengan tumpah darah dari tubuhnya terbayar ketika Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai sebuah negara yang merdeka.

Akan tetapi peristiwa ini tidak berarti sebagai titik perjuangan bangsa Indonesia namun malah menjadi titik balik dari awal perjuangan Indonesia untuk membangun negeru yang sudah merdeka dari penjajah.

2. Menjadi Pernyataan De facto

Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 menjadi pengakuan pada dunia luar bahwa Indonesia telah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Setelah pengakuan De Facto kemudia akan muncul pengakuan De Jure yang merupakan pengakuan dari negara lain bahwa Indonesia sudah merdeka.

3. Menaikan Harkat dan Martabat Bangsa

Indonesia yang dulunya hanya sebuah bangsa yang terjajah setelah proklamasi dibacakan maka bangsa yang menjajah tersebut sudah mengakui kemerdekaan dan akan dengan otomatis mengangkat harkat dan mertabat bangsa sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dair penjajahan oleh Belanda dan Jepang.

4. Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru

Sejajk prokalamsi dibackan maka lahirlah Bangsa Indonesia dan sejak saat itu kegiatan pemerintahan dimulai untuk membagun negara yang baru ini menjadi sebuag negara yang lebih baik. Indonesia sudah memiliki pemerintahan sendiri dari rakyat oleh rakyat sendiri dan bukan lagi dijadikan bangsa yang terjajah oleh pemerintah luar.

5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Prokalamsi ialah sebagai pintu awal kemerdekaan Indonesia. Arti Proklamasi menjadi lahirnya sebuah bangsa baru yang bernama Indonesia yang menentukan nasib dari negaranya sendiri dan tidak mau lagi dijajah oleh bangsa lain.

Dengan begitu semua negara yang pernah menjajah negara kita tidak akan lagi berani untuk menjajah negara ini, mereka telah mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka.

Itulah sekilas penjelasan tentang Arti Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia Dalam Mengusir Penjajah, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>