Sejarah Sepak Bola Dan Asal Usul Sepak Bola Didunia dan Indonesia

Sejarah Sepak Bola Dan Asal Usul Sepak Bola Didunia dan Indonesia

Posted on

Sejarah Sepak Bola Dan Asal Usul Sepak Bola Didunia dan Indonesia – Sepak bola merupakan salah satu olah raga dan permainan yang sudah dangat kita kenal. Dari mulai yang muda sampai yang tua pasti mengetahui tentang permainan yang satu ini. Sepak bola juga dijadikan sebagai ajang petandingan dari tingkat Nasional hingga Internasional. Sebelum seperti sekarang ini banyak kisah tentang sepak bola dan asal-usul seoak bola di dunia dan di negara kita ini. Dari kisah tersebut terdapat cerita yang bernilai sejarah dan menjadi bagian yang tidak terlupakan sampai sekarang.

Sejarah Sepak Bola Dan Asal Usul Sepak Bola Didunia dan Indonesia

Sepak bola dimuali sejak tahun sebelum masehi kira-kira pada abad ke dua dan ke tiga. Waktu itu di negara Tiongkok saat dinasti Had berkuasa, permainan ini dimainkan dengan bola yang dibalut oleh kulit lalu ditujukan ke gawang yang ukurannya relatif kecil. Dalam cerita itu, terdapat juga sejarah di negara sakura yang menyebutkan dahulu permainan ini di sebut permainan kemari. Di Italia sama akan tetapi di sana permainan ini lebih dahulu datang dan tenar sejak abad ke 16. Dari cerita-cerita itu, petangdingan sepak bola terus berkembang.

Di Inggris, mereka telah menentukan peraturan dalam permainan ini, akan tetapi karena terjadi sesuatu masalah yang berupa kekerasan makan Raja Edward III menghentikan kegiatan olahraga tersebut. Akan tatapi pad tahun 1815, sepak bola lebih terkenal dan diperkenalkan di area sekolah-sekolah ataupun di kampus. Lau tahun 1863 pada Freemasons Tavern sudah memberlakukan peraturan utama dan terpisah antara olah raga rugbi dengan olahraga sepak bola. Saat era 1800-an, pertandingan sepak bola juga turut dimainkan oleh para tentara, pelat serta pedagang di Inggris lalu akhirnya tersebar ke seluruh dunia. FIFA atau Asosiasi tertinggi sepak bola dibentuk tepat pada tahun 1904 dan siap untuk memulai ragam persaingan antar negara.

Permainan sepak bola terdiri dari:

– 1 orang penjaga gawang
– pemain tengah, pemain betahan lalu penyerang dengan jumlah yang di sesuaikan dengan formasi kesebelasan
– seluruh pemain berjumlah 11 orang dan harus mempunyai 1 orang kapten

Karena pertandingan ini sudah masuk ke Negara kita karena cerita-cerita di masa lalu yangmerupakan sebuah sejarah, maka tepat pada tahun 1914 permainan sepak bola dikenal di Indonesia tanah air kita ini dan pada tanggal 19 April 1930 oleh Soeratin Sosrosoegondo di bebtuk persatuan sepak bola seluruh Indonesia atau yang sering kita kenal dengan PSSI di Yogyakarta.

Dalam genggaman beliau, kegiatan sepak bola mengalami perkembangan yang sangat baik dan dengan keikut sertaan para pemuda Indonesia yang tangguh hingga sanggup melewati beberapa kompetisi tingkat Nasional bahkan hingga tingkat Internasional. Sampai sekarang sepak bola terus melaju di negara kita.

Itulah sekilas penjelasan tentang Sejarah Sepak Bola Dan Asal Usul Sepak Bola Didunia dan Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>