Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya Komputer Terkini

Posted on

Sejarah Komputer dan Perkembangannya Komputer Terkini – Awal di mulai kompoter ialah saat Charles Babbage menemukan sebuah penemuan penting. Karena penemuannya itu maka Ia dekenal sebagai ilmuan yang sangat berpengaruh dalam berekmbangnya komputer. lalu alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut dengan bertahap dan sampai sekarang terciptalah sebuah perangkat canggih yang kita kenal dengan komputer.

Tahapan dalam perkembangan komputer disebut dengan generasi, perkembangan komputer terbagi dalam lima generasi yang masing-masing generasinya mempunyai cerita tersendiri. Berkat tangan-tangan yang handal dari para ilmuan dan teknisi pada saat itu maka perkembangan komputerdari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir.

Komputer terus mengalami perkembangan dengan di sisipkan inovasi-inovasi terbaru, sampai saat ini beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer dengan teknologi tinggi dengannama komputer masa depan.

Sejarah Perkembangan Komputer

1. Komputer generasi Pertama

Pertama kali komputer dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Para ilmuan menggagas sebuah konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse yang merupakans eorang insinyur yang berasal dari Jerman. Lalu pada pertengahan 1940-an komputer itu mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John Von Neuman.

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Komputer pertama memilikii ciri, yakni CPU, CPU dalam komputer generasi pertama ini ialah mesin pertama yang digunakan untuk mengoprasikan semua sistem dalam komputer dan program utama yang terdapat dalam komputer ini ialah “machine language”.

2. Komputer Generasi Kedua

Pada komputer generasi kedua, alat canggih yang ditemukan ialah transistor yang merupakan alat yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Dengan penemuan alat ini memberi pengaruh pada perkembangan komputer pada generasi kedua dan pada 1960-an para ilmuan mencoba untuk menggarap komputer generasi kedua.

Beberapa perusahaan, instansi, universitas dan pemerintah sudah memanfaatkan kecanggihan komputer generasi kedua. Yang merupakan inti dari komputer generasi kedua ini ialah penemuan transistor yang membuat komputer generasi kedua memiliki ukuran yanglebih kecil dibanding komputer generasi pertama.

3. Komputer Generasi Ketiga

Trasistor dalam pemakainnya lebih cepat panas, lalu komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Selanjytnya ilmuan yang bernama Jack Billy mencoba untuk melakukan penelitian. Pada tahun 1958, Beliau menciptakan komponen yang lebih canggih dibanding transistor yakni IC atau Integrated Circuit Chip yang dapat menampung banyak komponen untuk menjadi atu.

Dengan penemuannya itu, komputer menjadi lebioh kecil dari sebelumnya, komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan dapat menjalankan beberapa program dengan bersamaan.

4. Kompuetr Generasi Keempat

Komputer yang menggunakan Chip IC dikembangkan kembali. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba untuk melakukan pengembangan itu pada 1980-an dan hasilnya dengan satu chip dapat menampung ribuan komponen.

Dari penemuan ini maka istilah PC atau Personal Computer muncul, artinya perangkat komputer mulai untuk dipasarkan e sektor perorangan. Tidak hanya berhenti samapi disitu, kemudian muncul perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana yakni laptop.

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima ialah komputer yang sekarang masih dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi ini biasa disebut dengan komputer generasi masa depan. Beberapa bukti ialah dengan munculnya smartphone, phablet, tablet, netbook, ultrabook dan masih banyak yang lainnya.

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Lalu perkembangan perangkat komputer selanjutnya ialah komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menyentuhnya atau tanpa kontak fisik dengaan kata lain dengan menggunakan otak, apakah komputer generasi kelima ini behasil terealisasi ? mari kita tunggu waktu karena hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Sejarah Komputer dan Perkembangannya Komputer Terkini, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>