Sejarah Indonesia Secara Umum

Sejarah Indonesia Secara Umum

Posted on

Sejarah Indonesia Secara Umum – RI atau Republik Indonesia ialah negara yang berada pada kawasan Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis katulistiwa dan berada diantara dua benua yakni Asia dan Australia dan terletak diantara dua samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiridari 17.508 pulau dan karenanya Indonesia juga disebut dengan Nusantara atau Kepulauan Antara.

Sejarah Indonesia Secara Umum

Dengan populasi mencapai 222 juta jiwa pada tahun 2006 (dan saat ini pasti sudah lebih). Indonesia ialah negara berpenduduk terbesar ke empat di dunia dan warga negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia walau secara resmi Indonesia bukan negara Islam. Bentuk pemerintahan yang dianut oleh Indonesia ialah republik dengan Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR, Dewan Perwakilan Daerah atau DPD dan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat. Ibu kota negara Indonesia ialah Jakarta. Indonesia bebatasan langsung dengan Malaysia di pulau kalimantan, Papua Nugini di Pulai Papua dan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga yang lain ialah Singapura, Filipina, Autralian da, wilayah persatuan Kepulauan Andaman serta Nikobar di India.

Sejarah yang terukir di Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya, seperti yang kita ketahua Indonesia pernah dijajah oleh negara lain. Kepulauan di Indoesia menjadi wilayah perdagangan penting, ini terjadi setidaknya sejak abad ke-7 yakni saat Kerajaan Sriwijaya menjalin hubungan agam dan perdagangan dengan Tiongkok dan Hindia. Kerajaan Hindu dan Budha sudah tumbuh pada awal abad masehi dan diikuti oleh para pedagang yang membawa agama ISlam (yang sebenarnya Isalm telah masuk terlebih dahulu ke Indonesia sebelum agam lain, Islam mauk ke Indonesia pada tahun 625 H) dab berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk melakukan monopili perdagangan rempah-rempah di Maluku pada masa penjelajahan samudera.

Setelah ada di bawah oenjajahan Belanda, Indonesia menyatakan kemerdekaan di akhir Perang Dunia Dua, lalu Indonesia mendapat bermacam-macam hambatan, ancaman serta tantangan muali dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi serta periode perubahan ekonomi yang begitu pesat.

Indonesia yang berdiri dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari bermacam-macam suku, bahasa serta agama yang berbeda. Yang menjadi gruo susku etnis terbesar ialah suku Jawa dan secara politis susku Jawa paling dominan. Semboyan Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika yang artinya Berdeda-beda Tetapi Tetap Satu, maksudnya keberagamn yang membentuk negara. Selain mempunyai populasi yang padat dan wilayah yang luas, Indonesia juga mempunyai wilayah alam yang sanagt mendukung tingkat keaneka ragaman hayati terbesar ke dua di dunia.

Itulah sekilas penjelasan tentang Sejarah Indonesia Secara Umum, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>