Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan

Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan – Surat pernyataan ialah sebuah surat yang dibuat dalam rangka untuk membuat keterangan tentang kesanggupan untuk melakukan sesuatu. Selain itu surat pernyataan juga umumnya digunakan untuk menerangkan bahwa orang atau kelompok tersebut pernah melakukan sesuatu atau sebaliknya.

Surat pernyataan umumnya dilengkapi dengan meterai enam ribu atau hanya sekedar tanda tangan biasa. Untuk surat yang bersifat resmi dan penting biasanya wajib menggunakan meterai. Surat pernyataan bisa dibuat sendiri untuk menyatakan suatu kesanggupan untuk melakukan hal tertentu, atau dibuat oleh pihak ketiga yang memberikan keadaan orang yang ada di dalam surat tersebut.

Contoh surat pernyataan ialah surat keterangan berkelakuan baik, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja, surat keterangan tidak mampu dan lain sebagainya.

Manfaat Surat Pernyataan

Fungsi dari surat pernyataan sangat banyak sekali seperti ketika hendak melamar pekerjaan maka dalam membuat surat lamaran kerja kita perlu melengkapinya dengan surat pernyataan.

Sama halnya saat hendak melamar jadi pegawai negeri sipil, kamu akan diminta untuk membuat surat pernyataan yang berisikan tentang penegasan semua berkas yang kamu gunakan merupakan berkas asli dan jika ditemukan pemalsuan identitas kamu akan menanggung resikonya.

Lalu, apa kegunaan atau urgensi dibuatnya surat pernyataan? Setidaknya ada tiga kegunaan dari keberadaan surat pernyataan:

1. Bagi penerima surat, surat pernyataan dapat menjadi sebuah bukti tertulis yang sah di mata hukum (jika dibubui meterai) untuk meminta sebuah pertanggungjawaban jika pihak yang ada di dalam surat tidak menepati apa yang telah menjadi kesanggupannya. Atau jika apa yang ditulis di dalam surat tidak sesuai dengan kenyataan.

2. Bagi pembuat, surat pernyataan dapat digunakan sebagai penguat agar dapat diakui oleh pihak lain. Surat pernyataan ini dapat menjadi bukti tentang dirinya yang sesuai dengan apa yang ditulis di dalam surat pernyataan. Oleh karena itu bagi kalian yang hendak melamar sebagai pegawai negeri sipil salah satu syaratnya ialah melampirkan surat pernyataan.

Surat ini sebagai bentuk komitmen tertulis yang berisi tentang kesediaan untuk bekerja dan mematuhi apa yang telah menjadi keputusan dari institusi.

Bagi pihak ketiga, surat pernyataan juga dapat digunakan sebagai penjamin seseorang yang disebutkan di dalam surat tersebut. surat penyataan bermanfaat sebagai alat penguat atau mengukuhkan keadaan positif atau pun negatif pihak yang ia terangkan atau dinyatakan olehnya.

Supaya dapat membuat surat pernyataan yang baik dan benar, berikut beberapa bagian yang harus ada di dalam sebuah surat pernyataan.

Nama atau Judul Surat

Bagian ini biasanya terletak di bagian atas surat yang posisinya berada di tengah. Judul surat biasanya berisi tentang surat pernyataan dibuat untuk apa dan ditulis dengan huruf kapital. Seperti : SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN KERJA, SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN.

Isi Surat Pernyataan

Pada bagian ini menjelaskan tentang seseorang dan pernyataan untuk melakukan sesuatu. Format penulisannya sebagai berikut:

1. Identitas pihak yang memberikan pernyataan.
2. Isi dari pernyataan, berupa kesungguhan penulis surat dalam menyatakan suatu hal yang diyakini kebenarannya.
3. Identitas pihak ketiga jika surat pernyataan dibuat oleh pihak lain. Jika surat dibuat sendiri maka bagian ini tidak usah di isi.

Epilog Surat

Untuk bagian ini berisi bagian penutup yang terdiri atas:

1. Nama lokasi dan tanggal dibuatnya surat pernyataan dibuat.
2. Identitas lengkap pembuat surat, yaitu: nama terang, tanda tangan (jika diperlukan cantumkan meterai) dan keterangan lain seperti NIP atau hal lain yang menerangkan identitas si pembuat surat.

contoh surat pernyataan:

Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

Yang bertanda tangan di bawah ini ,

Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

dengan ini menyatakan:

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;

Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :

1. Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
2. Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila di kemudian hari terbukti pernyataan ini tidak benar.
……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>