Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan

Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan – Surat permohonan umumnya digunakan untuk meminta atau memohon sesuatu atau hal oleh si pemohon atau pembuat surat yang dalam hal semacam ini dapat mengatas namakan personal atau pribadi maupun mewakili kelompok spesifik. Terdapat beberapa jenis surat permintaan atau permohonan, mulai dari surat permohonann beasiswa, permohonan pertolongan, permohonan data, permohonan penangguhan pembayaran, permohonan peninjauan kembalidan masih banyak lagi.

Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan

Surat permohonan dibuat oleh pemohon untuk diantarkan pada seorang atau lembaga yang berhubungan dengan cara struktural dalam organisasi yang lebih tinggi. Akan tetapi tidak sama halnya jika seorang atau lembaga atau petinggi mengiim surat pada yang lebih rendah jabatannya atau yang meminta atau memohon sesuatu, itu disebut dengan surat penugasan atau keinginan atau perintah walau inti dalam surat sama.

hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat permohonan:

1. Identitas pemohon, umumnya memakai kop surat.
2. Isi dari permohonan.
3. Tujuan serta alasan pemohon.
4. Batas waktu untuk menjawab permohonan.
5. Pernyataan kesungguhan dlam memohon.

Sebelum membuat surat permohonan anda harus memperhatikan tata cara penulisan yang sesuai denagn urutan serta tata letak yang benar, yakni:

1. Kepala surat atau kop surat.
2. Tanggal saat membuat surat.
3. Nomor surat.
4. Hal.
5. Lampiran.
6, Alamat tujuan.
7. Salam Pembuka.
8. Isi surat.
9. Salam penutup.
10. Pengirim.
11. Tembusan.
12. Inisial.

Contoh surat permohonan:

Bandar Lampung, 9 Agustus 2017

No: 05/IV/201
Hal: Permohonan Izin Pemakaian Aula Sekolah
Lampiran: –

Kepada Yth Kepala Sekolah MAN 2 Bandar Lampung
Di tempat

Dengan hormat

Dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-72, kami selaku pengurus OSIS MAN 2 Bandar Lampung bermaksud untuk meminjam ruang aula untuk mengadakan kegiatan pertandingan antar kelas pada:
Hari: Sabtu
Tanggal: 12 Agustus 2017
Pukul: 08.00 – Selesai
Demi suksesnya acara tersebut, maka kami selaku pengurus OSIS MAN 2 Bandar Lampung sekaligus sebagai panitia kegiatan tersebut meminta izin dan persetujuan Bapak untuk menggunakan Aula MAN 2 Bandar Lampung sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Demikian surat ini kami buat, atas izi yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua OSIS MAN 2 Bandar Lampung

Suherman

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>