Contoh dan Cara Membuat Surat Pengantar

Contoh dan Cara Membuat Surat Pengantar

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Pengantar – Saat bekerja dalam suatu instansi atau perusahaan kita harus mengetahui jenis-jenis surat resmi yang biasa digunakan dalam jalannya perusahaan tersebut. Seperti surat pengantar yang ,erupakan salah satu jenis surat resmi yang pasti ada dalam suatu instansi atau perusahaan. Jika pekerjaan anda berkaitan dengan bidang administrasi maka surat ini paling banyak digunakan, itu kenapa contoh surat pengantar dokumen memang perlu anda miliki.

Terdapat banyak jenis surat pengantar, tergantung dari dokumen apa yang akan anda kirimkan. Akan tetapi surat pengantar tersebut tidak jauh berbeda sehingga jika anda sudah faham dengan salah satu jenis surat pengantar maka anda akan langsung dapat membuat jenis yang lainnya.

Sebelum saya memberikan contoh surat pengantar, berikut akan saya berikan tips membuat surat penagntar yang baik supaya dalam membuat surat pengantar anda dapat membuatnya dengan baik.

1. Pemilihan Kata atau Bahasa

Karena surat pengantar termasuk dalam surat resmi maka baiknya bahasa yang kita gunakan merupakan bahasa baku yang sudah disesuaikan dengan EYD.

Biasanya orang yang akanmenerima surat dari anda merupakan orang yang sibuk maka anda harus bisa memilih bahasa supaya tidak terlihat bertele-tele akan tetapi tidak meninggalkan kesan kurang sopan. Dengan begitu maka yang menerima surat pengantar akan merasa dihargai dan instansi tempat anda bekerja akan terkesan resmi dan professional.

2. Tanggal

Saat membuat surat resmi jangan lupa untuk mencantumkan tanggal di dalamnya. Jadi saat kita mencari arsip dokumen surat yang telah dikeluarkan kita akan mudah untuk menemukannya. Dalam menulis tanggal juga ada format tersendiri, seperti pada tanggal dan tahun menggunakan angka dan pada bulan menggunakan tulisan.

3. Pemberi dan Penerima

Surat pengantar umumnya memiliki penerima yang khusus itu sebabnya kenapa dalam membuat surat pengantar anda harus menuliskan penerimanya dengan jelas. Jikalau anda tidak mengetahui dengan jelas nama penerima setidaknya anda menuliskan bagian atau jabatan sang penerima.

4. Kepala Surat atau Kop Surat

Kepala surat atau kop surat merupakan salah satu ciri utama dari surat resmi, itu sebabnya kenapa pada surat pengantar juga anda harus menggunakan kepala surat atau kop surat. Sebagai salah satu ciri surat, kepala surat juga secara langsung akan menjelaskan tentang pengirim surat karena pada kepala surat terdapat nama instansi dan alamat dari instansi yang mengirim.

Jika anda sudah faham beberapa hal tentang surat pengantar maka saya akan memberikan contoh surat pengantar.

Contoh dan Cara Membuat Surat Pengantar

Contoh Surat Pengantar Penawaran

Kelapa Surat

Jakarta, 30 Mei 2016

Nomor: …/…/…
Lampiran: (diisi dengan beberapa berkas yang dilampirkan)
Perihal: Surat Pengantar Penawaran

Kepada Yth

Bagian Pengadaan Barang dan Penjualam
Ekspor Impor Indonesia
Jl. Laksamana Malahayati No.12B
Jakarta Barat

Dengan Hormat

Setelah mempelajari dan menganalisa PY Ekspor Impor Indonesia yang kini mempunyai pasar semakin luas, maka kami dari Perusahaan (sebutkan nama perusahaan anda bekerja) bermaksud untuk memberikan penawaran beberapa produk yang kami produksi. Bersamaan dengan surat ini kami juga melampirkan penawaran produk yang dapat Bapak/Ibu pilih sesuai dengan paket.

Demikian surat ini kami buat, besar harapan kami agar Perusahaan Bapak/Ibu dapat bekerja sama dengan kami. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

Nama
Jabatan

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Pengantar, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>