Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga

Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga – Surat niaga ialah surat resmi yang isinya berupa tawaran, jual beli, yang berhubungan dengan barang atau jasa yang umumnya dipakai dalam perdagangan dan perniagaan. Surat niaga berguna untuj membangun kerja sama dengan pihak lain.

Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga

Jenis-jenis surat niaga:

1. Surat Perkenalan

Surat perkenalan dikirim oleh penjual pada calon pembeli yang berfungsi untuk memperkenalkan diri dan produk yang akan di jual.

2. Surat Permintaan Penawaran

Surat ini dikirimkan oleh calon pembeli atau sebagai surat balasan yang isinya calon pembeli meminta pada penjual untuk memberikan surat penawaran tentang produk yang akan telah ia tawarkan. Umumnya calon pembeli akan meminta nama produk, harga, cara pembayaran dan lama penyerahan barang.

3. Surat Penawaran

Surat ini ialah surat balasan dari surat permintaan penawaran yang berisi tentang informasi semua produk yang ia tawarkan dan seperti yang calon pembeli inginkan yakni mulai dari nama produk, harga, kualitas, cara pembayaran, pengiriman barang dan lain sebagainya.

4. Surat Pesanan

Kita telah membuat surat penawaran maka tinggal menunggu surat balasan dari calon pembeli. Apabila calon pembeli ingin membeli atau memesan suatu produk pada sang penjual maka pembeli akan mengeluarkan surat pesanan. Surat pesanan akan berisi tentang nama dan jenis barang yang hendak dipesan berikut dengan herganya atau disertai dengan cara pembayaran yang diinginkan. Jika ang pembeli ingin melakukan pembayaran melalui nak maka copy bukti pengiriman atau transfer harus dilampirkan dalam surat tersebut.

5. Surat Pemberutahuan Pengiriman Barang

Bila sang penjual menyantujui surat pesanan tersebur maka sang penjual akan mengirimkan surat pemberitahuan pengiriman barang, gunanya supaya pembeli mengetahui jika narang yang diinginkan telah diproses dan dalam perjalanan. Pada umumnya surat ini dibuat jika barang yang dikirim dalam partai besar dan pengiriman yang jauh.

6. Surat Pengaduan

Surat ini dibuat oleh pembeli bila terjadi kesalahan atau masalah dengan produk yang diterimanya. Masalah tersebut terjadi karena produk yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang diterima.

7. Surat jawaban pengaduan saat penjual telah menerima surat pengaduan.

8. Maka sang penjual harus segera mengambil tindakan dengan langsung menjawab surat tersebut dan meminta maaf dan meyakinkan sang pembeli jika hal seperti itu tidak akan terulang kembali.

Contoh Surat Niaga

Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Niaga, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>