Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email – Pada zaman yang serba digital ini untuk melamar pekerjaan cukup mudah, tidak perlu membeli amplop coklat atau map, kirim lewat jasa atau antar sendiri surat lamaran, menunggu surat balasan yang memakan waktu lama. Cukup dengan membuat surat lamaran, mengumpulkan berkas yang dibutuhkan, scan semua berkas, foto dan dokumen pendukung lainnya lalu kirim ke alamt e-mail yang dituju.

Surat lamaran kerja dengan e-mail sekarang banyak digunakan oleh para pelamar kerja karena banyak perusahaan yang tidak ingin repot dengan menampung ribuan surat lamaran kerja dari para pencari kerja. Karenya itu ami memberikan panduan atau cara dan contoh membuat surat lamaran kerja via e-mail.

Dulu saat teknologi informasi dan penggunaan internet masih sangat dikit, untuk mencari lowonagn pekerjaan kita masih dengan cara yang manual, setiap hari sabtu membeli koran karena koran hari sabtu banyak informasi tentang lowonagn pekerjaan lalu kita menyiapkan berkas yang diperlukan, membuat surat riwayat hidup atau CV, fotocopy semua berkas, ijazah,identitas dan lainnya. Kemudian berangkat menuju perusahaan yang dituju atau ke satpam yang menjaga atau bia juga kira mengirimkannya lewat kantor POSuntuk mengirimkan surat lamaran kerja anda.

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Sekarang kita cukup duduk dirumah, menggunakan smartphone atau laptop atau komputer yang terdapat jaringan internetnya lalu mencari informasi lowongan kerja yang terbaru. Umumnya tersedia pada situs-situs penyedia lowongan kerja, hal ini lebih simple, mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu menjadi anggota bpada situs tersebut (kadang disediakan secara gratis tanpa perlu daftar menjadi member situs) mengupload semua berkas. Lalu setiap ada lowongan pekerjaan kita dapat dengan lengsung mengirimkan berkas lamaran secara otomatis. Nah sekarang kita akan membahas bagi yang masih awam dengan melamar kerja melalui e-mail.

Contoh dan Cara Membuat surat lamaran kerja via email

Untuk surat lamaran pekerjaan telah kami jelaskan dalam artikel sebelumnya begitu juga dengan CV, teman-teman dapat melihatnya. Kalian juga bisa membuat surat lamaran baru dan CV anda sendiri dengan mudah lalu menyimpannya di file MS Word atau dirubah dalam file PDF. Sertakan juga scan dokumen pendukung lalinnya seperti ijazah, KTP, TYranskrip nilai, Sertifikat dan dokumen pendukung lainnya. Perlu anda ingat semua dokumen harus di scan, biasanya qta hanya fotocopy. Jika kalian tidak punya alat scan, kalian bisa menuju ke tempat rental komputer atau fotopocy yang lumayan besar yangbbiasanya mereka memiliki alat scanner.

Setelah semua selesai, kalian harus punya alamat e-mail terlebih dahulu. Contohnya kalian dapat membuatnya pada lama Google. Jika kalian sudah punya alamt e-mail pertama yang harus dilakukan:

1. Silahkan untuk login ke e-mail anda lalu klik “tulis” atau “compose” yang terdapat pada samping kiri.

2. Bila semua file sudah disiapkan dan disimpan dalam satu folder, lalu anda klik tombol “lampirkan file” atau “opsi lampiran”. Selanjutnya pilih file surat lamaran dan berkas lainnya yang anda simpan tadi.

3. Lalu klik open dan tunggu sebentar sampai file surat lamaran anda selesai ter-upload semua.

4. Setelah semua sudah dirasa benar, selanjutnya klik “kirim” maka surat lamaran anda akan terkirim ke alamat tujuan.

Sebaiknya anda upload semua berkas satu persatu, yang pertama surat lamaran kerja, lalu surat ketarangan riwayat hidup atau CV anda, lalu scan KTP, ijazah, Transkip ni9lai dan file foto diri anda yang terbaru. Setelah semua selesai, silahkan anda kirim dan tunggu panggilan untuk wawancara.

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>