Contoh dan Cara Membuat Surat Keputusan

Contoh dan Cara Membuat Surat Keputusan

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Keputusan – SK atau surat keputusan merupakan salah satu surat yang penting dalam sebuah lembaga atau organisasi untuk melegalkan setiap keputusan yang diambil oleh pimnpinan lembaga atau organisasi tersebut. Begitu juga kita yang bergelut dalam bidang pendidikan baik itu tingkat sekolah, dinas pendidikan kabupaten atau kota lalu provinsi mauou tingkat kementrian atau pusat.

Dalam membuat surat keputusan tidak sesederhana seperti membuat surat dinas biasa. Dalam membuat surat keputusan dibutuhkan teknik tertentu dan paham bermacam – macam aturan maupun regulasi yang melandasi pengambilan keputusan tersebut.

Contoh dan Cara Membuat Surat Keputusan

Sederhananya, surat keputusan ialah surat yang berisi suatu keputusan yang dibuat oleh pimpinan suatu lembaga atau organisai yang berkaitan dengan kebijakan lembaga atau organisasi tersebut. Dalam sebuah surat keputusan berisi tentang tigs hal pokok yakni konsiderans, desideratum dan diktum.

KONSIDERANS

Konsiderans ialah bagian dari surat keputusan yang berisi mengenai hal-hal terutama landasan huku yang menjadi pertimbangan dalam pembuatan surat keputusan, yang isinya terdiri dari sub topik: menimbang, mengingat, membaca, mendengar dan memperlihatkan.

Bagian ini bersifat wajib bagi surat keputusan karena di dalam konsiderans ini tertera lamndasan hukum atau statuta setiap surat keputusan. Isi dari konsiderans minimal dua dan maksimal lima. Dari kelima sub topik yang dicantumkan diatas yang paling penting dan harus dipakai dalam setiap keputusan ialah sub topik menimbang dan mengingat.

Menginat wajib dipakai karena dalam bagian ini dituliskan nomor surat pengangkatan pemimpin tertinggi dalam suatu organisasi sehingga memungkinkan baginya untuk mengeluarkan surat keputusan. SK pengangkatan pemimpin tertinggi inilah yang menjadi salah satu statuta bagi SK yang akan dikeluarkan di samping statuta lain, contohnya SK dan undang-undang yang berkaitan secara langsung dengan topik atau permasalahn yang akan diputuskan. Semua alndasan hukun dalam SK sitempatkan dalam subtopik keonsiderans mengingat.

Membaca, dalam bagian ini dicantumkan ketentuan dan peraturan yang tidak berkaitan secara langsung dengan masalah pokok yang menjadi keputusan akan tetapi ketentuan dan peratusan ini dipergunakan untuk memprkuat konsiderans sehingga pertimbangan sebelum memutuskan sesuatu menjadi lebih lengkap.

Mendengan, dalam bagian ini umumnya dicantumkan usul dan saran yang pernah disampaikan oleh pihak tertentu kepada pemimpin tertinggi atau pengambil keputusan.

Memperlihatkan, dalam bagian ini umumnya berisi keputusan rapat yang pernah atau yang sengaja diadakan karena berkaitan dengan permasalahan yang akan dibuat surat keputusan.

DIKTUM

Diktum ialah bagian surat keputusan yang isinya tentang poin-poin ketetapan. Diktum ialah isi inti dari sebuah surat keputusan. Apa-apa saja yang akan ditetapkan oleh pengambil keputusan, itu semua dihimpun dalam diktum.

Rangkaian dalam diktum diawali oleh subtopik memutuskan yang ditempatkan ditengah kertas atau centering. Sub topik dalam memutuskan ini harus selalu diikuti dengan kata menetapkan yang merupakan penanda untuk memasuki isi diktum. kata “penanda” menetapkan tidak ditempakan ditengan akan tetapi pada margin kiri. Selanjutnya dituliskan isi diktum. Jika isi dari diktum akan dirinci maka butir-butir dalamnya diberi kode urutan.

Perlu kita ketahui bahwa salah satu manfaat SK ialah untuk mencabut masa berlaku SK yang terdahulu, Karenanya perlu kita kethui bahwa isi sebuah surat keputusan hanya dapat dibatalkan atau dicabut dengan menerbitkan SK yang baru. Itu artinya peluang untuk mencabut atau membatalkan isi sebuah SK harus terdapat dalam setiap surat keputusan. Dengan begitu maka isi setiap surat keputusan tidak akan berlaku abadi.

Ketentuan yang mengatur hal begitu penting disebut arbitrase yang artinya perwasitan atau penyelesaian. Itu karena dahulu isi surat statuta biasanya dibat dalam bentuk pasal-pasal yang berisi tentang ketentuan arbitrase yang disebut pasal arbitrase. Poin atau pasal SK berfungsi sebagai pengaman ditempatkan dalam diktum.

DESIDERATUM

Ini merupakan bagian yang berisi tentang tujuan surat keputusan itu dibuat. Setiap SK pasti mengandung tujuan, terdapat satu atau lebih tujua dalam SK.

Berbeda dengan konsiderans yang selalu harus dinyatakan dalam eksplisit melalui subtopik yang sudah disebutkan sebelum ini, keberadaan dari desideratum bisa saja secara implisit, itu artinya dapat birada secara tersirat dalam keonsiderans atau dalam diktum atau dalam keduanya.

Keberadaan desidreatum dapat dikatakan implisit atau tersirat karena tidak ada notasi tujuan untuk menandai atau mengawali bunyi desideratum, akan tetapi tanpa notasi tujuan pun desideratum dapat dnegan mudah kita temukan.

Lainnya

Sama seperti surat resmi lainnya, maka surat keputusan juga mempunyai atribut pokok seperti kop surat, pokok surat, nomor serta tanggal surat lalu tanda tangan pejabat yang mengeluarkan SK tersebut.

Bila sebuah SK memiliki lempiran maka lampiran tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SK. Dalam teknik pengetikan SK pada MS Word, menggunakan tabel yang tidak dengan border ialah pilihan yang bagus.

Berikut Contoh Surat Keputusan

SURAT KEPUTUSAN
No. …/…/…

Perihal: Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melakukan beberapa tahapan evaluasi pada kinerja Saudara Agung Wicaksana terhitung mulai tanggal 23 Januari 2012 dengan jabatan sebagai pegawai sementara PT. Samudera Kaya pada bagian Administrasi Pergudangan, maka dengan ini PT. Samudera Kaya mengenggap bahwa saudara telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap dengan ketentuan sebagai berikut:

Menimbang: Berdasarkan pengamatan dan penilaian yang objektif Saudara Agung Wicaksana.
Mengingat: Berdasarkan Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Samudera Kaya
Memperhatikan: Kebutuhan akan sumber daya manusia di PT. Samudera Kaya

MEMUTUSKAN

Mengangkat saudara Agung WIcaksana sebagai Kepala Pergudangan, Bila mana dikemudian hari ditemukan kesalahan dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, maka pihak perusahaan akan melakukan penyesuaian ulang sebagaimana mestinya.

Di tetapkan di Medan pada tanggal: 1 September 2011
PT. Samudera Kaya

Manager HRD

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Keputusan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>