Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran

Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran – Saat sekolah biasanya kita mendapatkan surat edaran untuk mengikuti kegiatan study tour ataupun untuk mengundang orang tua rapat sebelum ujian nasional, acara perpisahan, atau acara-acara lainnya.

Surat edaran ialah surat yang mempunyai tujuan untuk memberitahukan sebuah informasi tertentu kepada khalayak ramai, biasanya surat edaran dikeluarkan oleh instansi, lembaga, sekolah ataupun organisasi dan perusahaan. Dalam surat edaran biasanya berisi tentang pemberitahuan atau informasi, pengumuman, petunjuk, larangan , anjuran lain lainnya.

Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran

Surat edaran termasuk dalam satu jenis surat resmi, maka penulisan dalam surat edaran harus mengikuti aturan yang resmi juga, seperti menggunakan kepala surat atau kop surat. Surat edaran dibagi menjadi dua berdasarkan penerima surat tersebut, yakni:

1. Surat edaran terbatas, yakni surat edaran yang ditujukan hanya kepada beberapa orang saja.

2. Surat edaran tidak tebatas, yakni surat edaran yang ditujukan untuk semua orang yang ada dalam lembaga, instansi, perusahaan atau sekolah-sekolah. Untuk surat edaran disekolah-sekolah memiliki pengertian sebagai surat yang ditujukan kepada warga sekolah yang dikeluarkan oleh kepala sekolah atau ketua yayasan dengan tujuan atau maksud tertentu. Seperti surat edaran perpisahan sekolah, study tour dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan kegiatan sekolah.

Berikut kami akan memberika contoh dari surat edaran.

KOP YAYASAN atau SEKOLAH

========================================================

Bandar Lampung, 11 juli 2016

Nomor: 070/Nama_sekolah/Study Tour/IV/2016
Lampiran: –
Hal: Pemberitahuan Kegiatan Study Tour

Kepada Yth
Bapak/Ibu Orang Tua / Wali Murid Kelas VIII
Di tempat

Dengan Hormat
Bersama surat ini kami memberitahukan kepada Bapak / Ibu bahwa untuk menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak didik, maka kami dari pihak sekolah ingin melaksanakan kegiatan kunjungan pendidikan atau study tour yang akan dilaksanakan pada akhir bulan juli 2016. Rencana kegiatan study tour akan dilaksanakan sebagaimana uraian berikut:

1. Tujuan dan Biaya

* Tujuan: Yogyakarta – Bandung – Jakarta
* Biaya: Rp. 6.000.000,-

2. Tempat yang Akan Dikunjungi

* Yogyakarta: Malioboro dan Keraton Yogyakarta
* Bandung: Cibaduyut
* Jakarta: Taman Mini Indonesia Indah (Museum IPTEK dan lainnya) dan Monas

3. Fasilitas yang akan disediakan

* Bus Pariwisata lengkap dengan Ac, WC dan Wifi
* Tiket obyek wisata
* Makan tiga kali (prasmanan dan bos)
* Dokumentasi
* Asuransi
* PPPK
* Tout Leader dari Perusahaan Travel yang kami sewa

Bagi siswa / siswi yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut, diwajibkan untuk segera melunasi biaya kegiatan paling lambat tanggal 23 juli 2016.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

(Kepala sekolah atau yayasan)
Nip:………….

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Edaran, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>