Contoh dan Cara Membuat Surat Bisnis

Contoh dan Cara Membuat Surat Bisnis

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Surat Bisnis – Dunia surat menyurat tidak hanya identik dengan dunia organisasi atau perkantoran saja. Administrasi yang satu ini juga menjadi bagian yang penting dan tak terpisahkan dari dunia bisnis. Secara umum surat bisnis dapat diartikan sebagai surat yang di tulis dalam bahasa resmi dan di pakai untuk korespondensi dan komunikasi antar lembaga lain, organisasi bisnis ataupun untuk personal tertentu, seperti bagi para pelanggan, kepala daerah dan lain sebabainya.

Contoh dan Cara Membuat Surat Bisnis

Umumnya pengiriman dan penulisan surat bisnis ini menggunakan bentuk formal dan sesuai dengan hubungan antar pihak-pihak yang terkait. Dalam menulis surat bisnis kalian dapat meilih salah satu format, yaitu full block atau blok penuh, modified block atau blok yang di modifikasi, semiblok atau indented, sederhana atau simplified, dan format surat yang lebih dari satu halaman.

Berikut Contoh dari Surat Bisnis

PT. CEMERLANG INDAH
Jl. Mentari Cerah No. 25 Kelurahan Damai Sentosa
Lampung

26 Juli 2016

Mr. Edi Sujatmiko
PT. Berkah Makmur Abadi
Jl. Sudirman No. 456
Jakarta

Yth. Mr Suripto
Kami merasa sangat senang menerima informasi lebih lanjut tentang tawaran kisaran harga yang lebih rendah dari produk busana berbahan sutera dan poliester, seperti yang di pamerkan pada stand anda di Pekan Raya jakarta pada bulan Mei yang lalu.

Perwakilan anda memberikan kami penawaran beberapa harga indikatif, namun kami merasa ini masih agak tinggi. Kami percaya bahwa kami dapat menempatkan pesanan rutin setiap bulan sekitar tiga ratus item pakaian jika anda dapat menurunkan harga sebesar 15% per item.

Kami berharap untuk dengan sesegara mungkin menerima kabar baik dari anda.

Hormat Kami

Reza Ramadhan
(Manager PT. CEMERLANG INDAH)

Dalam surat bisnis juga terdapat kelapa surat atau kop surat, alamt pengirim, tanggal surat, alamt penerima surat, salam pembuka dan penutup, isi surat dan kalimat penutup. Tulislah semuanya dengan jelas dan gunakan bahasa yang bbaik dan sopan agar yang menerima surat dapat dengan senang hati untuk membaca dan menerima surat yang anda kirimkan kepada mereka.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Contoh dan Cara Membuat Surat Bisnis. Sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Baca Juga >>>